Menteri Pertahanan RI Kenang Tsunami Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Syamsul Rijal mengatakan, Ryamizard Ryacudu merupakan salah seorang pemeran utama yang mempunyai kontribusi besar dalam membangun Aceh pasca bencana tsunami menerjang pada 26 Desember 2004 lalu.

Ryamizard Ryacudu yang saat itu menjabat sebagai KASAD TNI dinilai sangat berambisi dalam membangun Aceh oleh seniornya. Awal-awal pasca tsunami, Ia membangun jalan Banda Aceh – Meulaboh sepanjang hampir 100 km.

“Selain itu Ia (Ryamizard Ryacudu) juga membangun kurang lebih 9 jembatan. Waktu itu pasca tsunami, jabatannya KASAD,” kata Syamsul Rijal di gedung AAC Dayan Dawood, Rabu (18/3/2015). Dikatakan Syamsul, Aceh adalah rumah kedua bagi Ryamizard Ryacudu, yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Ryamizard Ryacudu mengaku juga ikut menguburkan mayat-mayat korban tsunami Aceh. “Saya tidak peduli dia (mayat) itu siapa, apakah rakyat biasa atau prajurit. Yang penting kita kubur,” ungkapnya.

Sesekali Ia terbata-bata Ketika berbicara mengenai tsunami Aceh. Dikarenakan, Ia merasa sedih jika mengingat kembali kenangan di Aceh. “Saya memikirkan bagaimana keluarga korban bencana tsunami.”

Aku Ryamizard, Ia banyak mengeluarkan air mata di Aceh akibat bencana tsunami. Tuturnya, hal itu di sebabkan kecintaannya terhadap Aceh. []

Abdul hadi firsawan

Mungkin Anda Menyukai