75 Pelajar Ikuti Grand Final LBFT 2015

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 75 pelajar dari 15 kabupaten/kota di Aceh mengikuti Grand Final Lomba Berhitung Fakultas Tehnik (LBFT) ke 21, Minggu (22/3/2015) di AAC Dayan Dawood. Kegiatan ini sudah di gelar sejak tahun 1993 oleh Fakultas Tehnik Unsyiah.

Ketua panitia, Rivaul Muzammil mengatakan, 75 peserta yang mengikuti grand final merupakan juara 1 dari tiap-tiap daerah. Kegiatan LBFT tahun ini mengangkat tema Hitung Cepat, Generasi Hebat Untuk Aceh.

“Jadi di lomba ini ada lima kategori, yaitu SDA, SDB, SDC,SMP, dan SMA. Peserta yang tanding di grand final cuma juara 1 dari tiap kategori itu,” ujarnya saat di wawancarai sumberpost.com. seleksi LBFT tahun 2015 sudah dimulai sejak 18 Januari sampai 21 Maret 2015.

Ia mengatakan, antusias dari peserta dalam setiap tahunnya terus meningkat. Terbukti dari peserta LBFT tahun 2015 mencapai 15 ribu peserta dari 15 kabupaten/kota. Dikatakan Rivaul, LBFT bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada pelajar agar mengetahui bagaimana rasanya bersaing dengan orang banyak.

“Mereka (pelajar) butuh kompetisi, itu juga nantinya bisa merangsang cara berpikir cepat,” ujarnya di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Dekan Fakultas Tehnik Unsyiah Wirsa Irwansyah menawarkan kepada juara 1 kategori SMA, untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Tehnik Unsyiah tanpa melalui tes. []

 Abdul hadi firsawan | Foto : Zuhri Noviandi