UIN Sosialisasi SPMB ke-Seluruh Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh,  melakukan sosialisasi seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) ke seluruh kabupaten kota yang ada di provinsi Aceh, kegiatan ini telah berlangsung selama dua minggu.

Wakil Rektor I bidang akademik dan kelembagaan UIN Ar-Raniry Muhibbuthtabry mengatakan, kegiatan sosialisasi ini telah berlangsung selama lebih kurang 15 hari ke seluruh kabupaten kota di Aceh. Hal tersebut di katakan Muhibbuthtabry usai memberikan penjelasan tentang jalur masuk UIN Ar-Raniry di MAN I Meulaboh, Kamis (26/3).

Sosialisasi ini dilakukan oleh tim yang telah dibentuk dari pihak UIN,  untuk memberikan penjelasan kepada para siswa sekolah tingkat menengah, di kabupaten/kota . Selain itu, timnya juga melakukan sosialisasi ke daerah-daerah terpencil. “Sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat dapat memahami dan mengerti cara masuk ke kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh,” ujar Muhib.

Ia menambahkan, sosialisasi SPMB bukan hanya di kota saja, masyarakat dipedalaman  juga harus memperoleh kesempatan yang sama. Saat ini minat calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliahnya di UIN sangat tinggi, apa lagi dari 43 prodi enam diantaranya berakreditasi A dan selebihnya berakredasi B, selanjutnya UIN Ar-Raniry juga menawarkan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi.

“Selanjutnya jika dilihat dari biaya SPP mahasiswa, UIN Ar-Raniry saat ini masih sangat murah dan dapat mengakomodir anak-anak masyarakat Aceh yang ekonominya rendah,” kata Dia.

Sementara itu, Kepala Madrasah Aliah Negeri (MAN) Unggul Meulaboh Suhadi mengatakan, selama ini siswanya hampir 30 persen menentukan pilihannya ke UIN Ar-Raniry, selebihnya memilihi jurusan umum dan kampus lokal.

“Selama ini minat siswa ke UIN sangat tinggi, tahun ini yang telah memilih UIN 40 orang, dank e depan akan bertambah lagi karena masih dibuka peluang, yang paling banyak ,memilih FTK dan Syariah dan Hukum,” ujarnya. Ia menginginkan agar kedepan lebih banyak siswa MAN Unggul Meulaboh yang akan memilih UIN.

“Selama ini, khususnya pada tahun ini telah banyak perguruan tinggi yang melakukan sosialisasi, ke depan kami berharap UIN dapat turun lebih cepat untuk mensosialisasikan prodi-prodi dan penjelasan cara masuk ke UIN lebih cepat, agar mereka yang memiliki keinginan melanjutkan ke UIN Ar-Raniry mendapat informasi yang baik,” tutur Suhadi.

Dalam sosialisasi itu selain MAN Meulaboh, hadir juga siswa dari MAS Babussalam, MAN Sama Tiga dan beberapa sekolah lain yang ada di sekitar Meulaboh. Pihak UIN Ar-Raniry mendapat apresiasi luar biasa, hal itu di sampaikan siswa ketika diskusi dengan wakil rektor I UIN Ar-Raniry. []

Nat