Hobi Foto Tidak Harus Menggunakan Kamera Mahal

Sumberpost.com | Banda Aceh – Hobi di bidang fotografi saat ini bukanlah hal yang asing lagi bagi masyarakat, khususnya kalangan anak muda. Seiring perkembangannya, kamera dapat digunakan siapa saja dan kapan saja lantaran mudah di bawa.

Di era serba modern ini, fotografi tidak hanya sebatas menggunakan kamera SLR dan DSLR, namun juga bisa dilakukan dengan kamera smartphone. Tidak mesti harus membeli kamera yang mahal untuk menghasilkan  gambar yang bagus.

Cukup dengan kamera Smartphone saja, saat ini kamu sudah bisa mengabadikan hasil jepretan yang luar biasa. Bahkan profesional sekalipun tak jarang memakai smartphone untuk mengabadikan sebuah momen.

Memang, hasil foto yang diambil dari smarphone belum tentu sebagus menggunakan kamera DSLR. Namun kamu bisa mendapatkan hasil foto yang tidak kalah bagusnya dengan kamera SLR dengan menggunakan lensa tambahan pada kamera smartphone.

Gonta ganti lensa saat ini tidak hanya dapat dilakukan pada kamera DSLR saja. Akan tetapi smartphone kamu pun juga bisa menikmatinya, karena saat ini smartphone sudah dibekali berbagai macam aksesoris, seperti lensa tambahan. Jenisnya pun beragam, misalnya Lensa Macro, Wide, Fish Eye, dan Lensa Tele dengan Optical Zoom.

Memotret dengan kamera ponsel tidak beda halnya dengan menggunakan kamera standar lainnya, meski bersensor kecil. Namun, kamera smartphone saat ini memiliki fitur yang tidak kalah bagusnya dibandingkan dengan kamera DSLR.

Dewasa ini, berbagai lapisan masyarakat sudah mulai memaksimalkan fitur dari ponsel. Keperluannya pun beragam, tergantung pekerjaan dan umur. Dari segi kepraktisan dan kecanggihannya, kamera ponsel saat ini sudah dianggap mampu untuk menggantikan kamera saku.

Begitu juga yang dirasakan Cut Irda Puspitasari, gadis asal Lhokseumawe yang mempunyai hobi motret sejak ia duduk dibangku sekolah dasar. Ia mengaku senang dengan dunia foto, apalagi dalam menghabiskan waktu luangnya.

Kepada sumberpost.com, Cut menjelaskan, motret menggunakan kamera handphone (HP) lebih simple dan mudah dibawa ke mana saja. Cut mengatakan, HP lebih terjangkau dari pada kamera DSLR lantaran harganya yang relatif murah, kualitas HP pun saat ini sudah sangat berkembang.

Ia sendiri memiliki smartphone jenis Iphone. “Cut punya dua jenis lensa tambahan untuk smartphone, jenis Fish Eye dan Macro. Dengan itu Cut bisa memaksimalkan kamera HP dengan bagus, sehingga menghasilkan gambar yang tak kalahnya dengan kamera DSLR,” tuturnya.

Wanita asal Pase yang hobi foto Lanscape ini, juga ikut bergabung dengan salah satu komunitas foto khusus kamera ponsel, yaitu Mata Ponsel. Sebuah komunitas foto yang anggota hanya mengandalkan kamera ponsel untuk mengabadikan momen mereka.

“Cut sendiri sudah bergabung dengan komunitas ini baru selama beberapa bulan, dan Alhamdulillah sudah mendapatkan kepuasan tersendiri. Karena foto Cut  di capture oleh admin mata ponsel langsung.”

Menggunakan kamera seperti DSLR, kita harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli lensa baru. Dengan dikeluarkannya berbagai macam jenis tambahan lensa untuk kamera smarphone, terbukti meski dengan memakai hp, bisa di hasilkan karya yang bagus dan berekspresi.

Tertarik ? cara menggunakannya mudah, kamu tinggal pasang Lensa tambahan didepan lensa HP smarthphone kamu. Karena setiap pembelian lensa tambahan memang sudah dibekali magnet dan ring, juga dilengkapi double tape.

Sekilas mengenai lensa tambahan sebelum kalian membelinya.

Macro : Lensa tambahan untuk mendapatkan detail obyek lebih rinci. Jarak antara lensa dan obyek hanya 1 – 2 Cm saja.

Wide : Lensa tambahan untuk mendapatkan gambar yg lebih lebar daripada lensa bawaan hp. biasanya dipakai untuk landscape agar bisa mendapatkan foto yg lebih lebar dan terkesan luas.

Fish Eye : Lensa ini sama seperti lensa wide tapi hasil gambarnya lebih ekstrim. sudut lensa mencapai 180 derajat ++. Jadi bisa mengambil gambar yg berada disamping kiri dan kanan kamera kita. Hasil gambar lensa Fish Eye menjadi cembung.

Lensa Tele Optical Zoom : Seperti namanya memang dipake untuk mendapatkan obyek yg jauh agar terlihat lebih dekat dan masih jelas seakan berada dalam jarak normal.

Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai