UIN dan UUM Bakal Saling Kirim Dosen

Sumberpost.com | Banda Aceh – UIN Ar-Raniry kembali menjalin kerjasama dengan Universiti Utara Malaysia (UUM) di Gedung Rektorat kampus setempat, Selasa (7/4/2015). Dalam kerjasama tersebut, kedua lembaga ini bakal saling mengirimkan dosen atau staf untuk belajar di UIN Ar-Raniry dan UUM.

Dekan Pembangunan Pelajar dan Alumni UUM Collage Art and Science, Massudi Mahmuddin mengatakan, kerjasama tersebut di fokuskan ke bidang riset dan penelitian. Dengan banyaknya riset dan penelitian, kata Massudi, suatu universitas akan lebih di kenal.

Dosen yang nantinya akan mengikuti program kerjasama ini, di harapkan mempublikasikan karya ilmiah yang telah di selesaikan. “Kita akan tukar dosen selama satu semester untuk belajar di UIN Ar-Raniry dan UUM,” ujarnya.

Sekarang ini, tambah Massudi, mahasiswa dan dosen harus bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk menghasilkan hal-hal positif sebanyak mungkin. Untuk itu, UUM mengadakan berbagai kegiatan seperti pelatihan, workshop, dan seminar untuk membangun budaya yang bagus.

Lanjutnya, mahasiswa dan dosen harus melakukan pekerjaan maupun kegiatan yang mempunyai dampak tinggi dengan memanfaatkan waktu yang ada.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry mengatakan, kendala kampus Ar-Raniry saat ini, pihaknya tidak di berikan anggaran untuk program luar negeri. Untuk itu, pihak UIN harus memberitahukan terlebih dahulu mengenai program yang di usung ke Dirjen di Kementrian Agama (Kemenag).

“Itu pun dilihat dulu dan harus melalui persetujuan Kemenag. Program kita di sini (UIN Ar-Raniry) akan di saring lagi di Jakarta,”  ungkap Farid.

Meski demikian, Ia mengapresiasi kerjasama tersebut. Saat ini, tambah Farid, banyak program pemerintah yang menyediakan pendidikan gratis ke luar negeri. Untuk itu, dosen harus pandai untuk meraih kesempatan.

Sebelumnya, UIN Ar-Raniry dan UUM telah melakukan kerjasama dengan mengirimkan mahasiswa dari kedua universitas. Maret 2015 lalu, tujuh mahasiswa UIN Ar-Raniry di kirimkan ke UUM untuk belajar selama satu semester. Sedangkan lima mahasiswa yang di kirim UUM telah menyelesaikan masa belajarnya di UIN Ar-Raniry. []

Abdul hadi f

Mungkin Anda Menyukai