BEM FISIP Unsyiah Akan Baca Puisi di Benteng Inong Balee

Sumberpost.com | Banda Aceh – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM-FISIP) Universitas Syiah Kuala bakal menggelar acara bertajuk  “Memperingati Hari Kreatif dan Inovatif Dunia: Meneladani Sang Kreator dan Inovator Laksamana Keumala Hayati” pada 21 April mendatang.

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama beberapa organisasi kebudayaan di Benteng Inong Balee dan Makam Laksamana Keumala Hayati. Diadakan juga sebuah seminar di FISIP Unsyiah pada 20 April 2015.

Ketua panitia sekaligus ketua BEM FISIP, Putra Rizki Youlan Radhianto mengatakan, Laksamana Keumala Hayati telah menjadi inspirasi masyarakat dunia dan menunjukkan kalau perempuan dan lelaki sama-sama punya potensi untuk menjadi pemimpin. Bahkan pemimpin perang besar sekalipun.

 “Sebagai penduduk dunia, kami mendukung hari Kreatif dan Hari Inovatif Dunia yang dicetuskan di Kanada beberapa tahun lalu dan dihadiri orang-orang dari 60 negara,” kata Putra, Kamis, (16/4/2015).

Menurutnya, Laksamana Keumala Hayati ialah seorang maha guru dan inovator pendidikan, kepemimpinan, dan kemiliteran Asia Tenggara pada abad XVI Masehi.

Sementara Koordinator lapangan yang juga Kabid Pemberdayaan Perempuan BEM FISIP USK, Khalida Zia mengatakan, pihaknya memberitahukan kepada dunia bagaimana saat banyak laki-laki Sumatera meninggal dalam perang melawan Protugis di Selat Melaka, Keumala Hayati mengumpulkan janda-janda dan melatih mereka bertempur yang diberi nama Laskar Inong Balee.

 “Setelah itu, terjadilah inovasi kemiliteran dunia di Asia Tenggara. Para gadis masuk ke Laskar Inong Balee, pasukan perang perempuan terlatih pertama di dunia. Kita akan membaca puisi di benteng inong balee yang dibangun oleh Laksamana Kemala Hayati dan pasukannya,” kata Khalida Zia.

Pihak panitia juga mengajak Lembaga Masyarakat Peduli Sejarah Aceh dan Pusat Kebudayaan Aceh dan Turki untuk membantu kegiatan BEM FISIP Unsyiah. [Rilis]