KSR PMI UIN Ar-Raniry Kumpulkan 88 Kantong Darah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Khusus Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) UIN Ar-Raniry berhasil mengumpulkan 88 kantong darah setelah melakukan kegiatan donor darah selama empat hari berturut-turut pada Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat 24 April 2015.

Anggota Divisi Donor Darah KSR PMI UIN Ar-Raniry Safrijal mengatakan, masih banyak mahasiswa yang terpengaruh mitos lama ketika pihaknya memberi tawaran kepada mahasiswa agar mau mendonorkan darahnya.

“Ada yang bilang kalau donor darah nanti bisa membuat darah habis, itu salah satu mitos yang merugikan,” ujarnya, Jumat (24/4//2015) di Fakultas Syariah dan Hukum. Ia menyebutkan, donor darah memberi banyak manfaat kepada pendonor.

Manfaat donor darah diantaranya, dapat membatu orang lain, mengetahui penyakit dalam tubuh, meningkatkan kesehatan psikologis, dan memperbaharui sel darah baru. Selain itu, penyebab yang membuat mahasiswa enggan mendonor, karena takut suntik.

Namun, tuturnya, ada yang mau mendonor, tapi saat di cek darah, sudah tidak memenuhi syarat ataupun berbenturan dengan jam kuliah. Meski demikian, pihaknya terus mensosialisasikan donor darah.

Bagi pendonor, akan di berikan poding oleh penyelenggara donor darah. Untuk donor darah selanjutnya, akan di lakukan pada Senin, 27 April mendatang di kantin al Jamiah UIN Ar-Raniry.

Abdul hadi

Mungkin Anda Menyukai