UIN Ar-Raniry Kembangkan Kurikulum Baru

Sumberpost.com | Banda Aceh –UIN Ar-Raniry mengadakan workshop Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi UIN Ar-Raniry, Merujuk pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di Auditorium Ali Hasyimi, Rabu (29/4/2015).

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari hingga 30 April dan bertujuan untuk melahirkan kurikulum baru di kampus Ar-Raniry. Narasumber workshop tu ialah Hendra Sutanto dari Universitas Sriwijawa, Sumatra Barat.

Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim, dalam sambutanya menyampaikan, kurikulum adalah suatu pedoman yang akan menentukan ke arah mana suatu universitas berjalan. Tambahnya, kurikulum merupakan proses.

“Dan proses inilah yang akan melahirkan produk dan kualitas di kampus kita, agar kita tidak kalah saing dengan perguruan tinggi lainnya,” tuturnya sebelum membukan acara. Setelah mendapatkan hasil dari worksop kurikulum ini, sebut Farid, mahasiswa hingga pimpinan akan mengarah dan berpedoman sesuai kurikulum yang telah diterapkan.

Saat diwawancari sumberpost.com Rektor UIN Ar-Raniry mengatakan, kurikulum baru dapat dijadikan sebagai acuan kemampuan standar yang harus di miliki oleh setiap sarjana lulusan UIN Ar-Raniry.

“Apakah dia bisa mencapai seperti kurikulum yang kita harapkan, yang mempunyai ilmu berakhlak kharimah, dan ini juga merupakan salah satu kegiatan untuk mendukung pendidikan nasional,” kata Farid.

Disamping itu ia juga menjelaskan, workshop tersebut juga akan merevisi semua kurikulum pada saat kampus Ar-Raniry masih berstatus IAIN dulu.

“Hari ini kita merevisi kembali dari kurikulum IAIN ke UIN Ar-Raniry, karena yang membedakan kita hari ini adalah kurikulum. Semua yang dibahas dalam kurikulum nantinya akan berkaitan dengan ilmu agama Islam atau berpedoman pada Alquran dan Hadist,” terang Farid. []

Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai