UIN Ar-Raniry Tuan Rumah Ma’had  al Jami’ah se-Sumatera

Sumberpost.com | Banda Aceh – UIN Ar-Raniry menjadi tuan rumah pada acara silaturahmi dan perlombaan antar Ma’had al Jamiah se-Sumatera, Senin (11/5/2015) malam. Kegiatan ini dibuka oleh Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi di Museum kampus tersebut.

Acara rutin tahunan ini di hadiri lima Ma’had dari universitas Islam yang berada di Sumatera. Kelima Ma’had tersebut ialah Ma’had IAIN SUMUT Medan, Ma’had IAIN Bengkulu, Ma’had UIN Raden Fatah Palembang, Ma’had UIN Sultan Syarif Kasim Riau, dan Ma’had IAIN Sultan Thoha Jambi.

Kepala Ma’had UIN Ar-raniry Nurchalis menyampaikan, tujuan diadakannya agenda ini selain untuk silaturahmi dan perlombaan, juga untuk membentuk kurikulum yang berlaku pada Ma’had Al-jami’ah.

“Tahun kemarin yang menjadi tuan rumah ialah IAIN Bengkulu dan UIN Ar-Raniry pada saat itu menjadi juara umum,” kata Nurchalis. Ada tiga Lomba yang di adakan tahun ini yaitu lomba Tahfizul quran , pidato bahasa arab dan bahasa Inggris.

Nurchalis melanjutkan, tujuan dari program Ma’had ialah untuk membentuk karakter islami pada mahasiswa, juga supaya mahasiswa membiasakan diri pergi ke mesjid saat azan. Nurchalis mengharapkan, program Ma’had ini bisa seimbang dan tidak kalah spektakulernya dengan program seperti PIONIR.

Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi mengatakan, seluruh universitas Islam di Indonesia, program Ma’had di jalankan selama satu tahun sedangkan program ma’had di UIN Ar-Raniry baru di jalankan selama enam bulan, “Tapi, hasil yang di peroleh lebih baik kita,” ujarnya disambut tawa peserta. []

Rizaldi Ikhsan | Foto : Rizqi Shafriyaldi

Mungkin Anda Menyukai