Ketua Tasawuf Nusantara Isi Kuliah Umum

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ketua Persatuan Ulama Tasawuf Nusantara Syekh Rohimuddin Nawawi Al-Bantany mengisi kuliah Umum di Aula Fakultas Ushuludin dan Filsafat UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Senin (18/05). Dalam Kuliahnya Syekh Rohimuddin menyampaikan materi dirosah tasawuf nusantara.

“Kita sebelum melangkah kedalam dunia Tasawuf harus tau betul pengetahuan dalam Islam, baik dari Islam, iman dan ikhsan dalam menjalani hidup di dalam dunia,” Kata Rohimuddin di aula fakultas tersebut.

Ia menambahkan tasawuf termasuk dalam pilar agama Islam yang berlandaskan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yang menjelaskan hakikat dari Islam, Iman, dan Ikhsan.

“Ketika   insan  sudah  mendalami  ketiga  kriteria  ini,  maka  secara otomatis  pengkaji  dirosah tasawuf tidak akan terjebak dengan perbedaan pada fanatik mazhab yang sedang booming dinusantara ini, terlebih lagi Indonesia.”

Lebih lanjut, Ketua Tasawuf Nusantara itu menjelaskan kedudukan tasawuf dalam Islam, yang melibatkan sejarah risalah agama, tugas–tugas pengemban risalah, pilar agama, dan hakikat agama.

Rohimudddin juga menyampaikan, pendalaman  Tablighul  Ahkamtanfidzul  Hukum  dan Tazkiatunnufus.

“Jika  mau  menjalani  dan  memperdalam  ilmu  tasawuf,  kita  wajib  paham tabligul ahkam yang menyampaikan hukum kepada manusia, Tanfidzul Hukum pelaksanaan  dalam  kepemerintahan,  dan  Tazkiyatunnufus mensucikan  serta  mendidik  jiwa umat,” tutupnya. []

Kholilurrahman

Mungkin Anda Menyukai