UIN Ar-Raniry Terima 5.120 Mahasiswa Baru

Sumberpost.com | Banda Aceh – UIN Ar-Raniry kembali menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2015/2016, melalui tiga jalur, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal.

Jumlah siswa yang lulus lewat jalur SPAN-PTKIN ialah 1.986 orang. Sedangkan kampus Ar-Raniry sendiri tahun ini menerima sebanyak 5.120 mahasiswa baru. Untuk jalur UM-PTKIN, di buka pendaftaran mulai 12 Mei hingga 13 Juni 2015, dan jalur PMB Lokal di buka pada 27 Juli hingga 7 Agustus 2015. Pendaftaran ketiga jalur ini di lakukan secara online.

“Kalau tahun lalu (dibuka) empat jalur, ada SPAN, undangan lokal, ujian tulis nasional, dan ujian tulis lokal.  Sedangkan sekarang undangan lokal sudah dihapus karena sudah tidak ditentukan kuota,” terang Kepala Bagian Akademik, Hayani, Jumat, (8/5/2015).

Untuk jalur SPAN-PTKIN penilaian mengacu pada nilai rapor siswa, sedangkan jalur UM-PTKIN, dan PMB Lokal, kemampuan calon mahasiswa dalam menjawab soal yang menjadi penilaian.

Sementara itu, lanjut Hayani, hanya jalur tulis yang di buka untuk umum, sedangkan jalur undangan hanya untuk lulusan Sekolah Menengah Atas dan sederajat. “Jalur ujian tulis nasional dan lokal diperuntukkan untuk umum, tapi peserta harus merupakan lulusan 2013 dan 2014,” ujarnya.

Kuota penerimaan mahasiswa baru UIN Ar-Raniry tahun 2015/2016 ialah SPAN-PTKIN 40%, UM-PTKIN 30%, dan PMB Lokal 30%.

Dikatakan Hayani, calon mahasiswa yang telah mendaftar ulang, akan di tes baca al-quran, dan mahasiswa yang mempunyai pemahaman yang memadai mengenai agama Islam dan mampu membaca al quran dengan fasih, tidak wajib mengikuti program asrama. []

Rismayanti