Meriza dan Nanda Agam Inoeng Aceh Besar 2015

Sumberpost.com | Aceh Besar – Meriza Akbar dan Nanda Meriska terpilih menjadi Agam dan Inoeng  Duta Wisata Aceh Besar pada Sabtu (23/5/2015) malam, di gedung UPTD SKB Lubok, Ingin Jaya, Aceh Besar. Akbar dan Nanda berhasil masuk lima besar, dan menyisihkan 16 finalis lainnya.

Juara dua Duta Wisata Aceh Besar berhasil  diraih oleh Aula Andika Fikrullah Albalad dan Munawaratul Makhya, dan juara tiga diraih oleh Izwar dan Siti Zuhra.

Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah saat memberikan sambutannya mengatakan, pemilihan Duta Wisata Aceh Besar, bertujuan untuk mempromosikan wisata, ia juga berharap duta yang terpilih harus menjadikan sosok wisata kreatif, inovatif, percaya diri, berpengalaman dan berjati diri.

“Itu dilakukan untuk menggapai terwujudnya generasi yang berkualitas, santun, dan berperan aktif dalam mempromosikan pariwisata di Aceh Besar. Sehingga bisa mendapat respon positif dari wisatawan,” ujarnya.

Lanjut Mukhlis, yang akan dipromosikan oleh duta wisata nantinya bukan hanya alam, akan tetapi juga mencakup sejarah dan budaya. “Saya berharap, para finalis duta wisata Aceh Besar dapat disiplin dan bisa mendedikasikan potensi dan kekayaan wisata Aceh Besar.”

Menurutnya, duta wisata harus bisa bersosialisasi dengan masyarakat luas, ada beberapa sifat yang harus dimiliki oleh duta wisata, diantaranya ketulusan, kerendahan hati, kesetiaan, bertanggung jawab, dan percaya diri.

Duta Wisata Aceh Besar Nanda Meriska menyatakan, ia akan mensinergikan tiga elemen penting dalam pembangunan, diantaranya pemerintah dan masyarakat. Menurutnya, apabila elemen tersebut menyatu, pariwisata akan ikut maju. kata Nanda, Aceh Besar banyak menyimpan potensi pariwisata, mulai dari alam, kuliner, hingga budaya.

Wisata di suatu daerah akan maju apabila dipromosikan dengan baik. “Potensi pariwisata yang dimiliki Aceh luar biasa, namun belum dikelola dengan maksimal. Tapi karena itu saya tertarik untuk jadi duta wisata,” tutur wanita kelahiran 1990 dengan yakin.

Sementara Duta Wisata Aceh Besar Meriza Akbar, punya beberapa program untuk majukan Aceh Besar, yaitu dengan melakukan promosi wisata di media sosial, melakukan kunjungan kepada pemerintah, dan mengunjungi berbagai daerah wisata untuk mengetahui langsung kekurangan di daerah tersebut.

“Seperti pantai pasir putih, punya potensi besar, tapi dari segi infastruktur belum memadai, seperti belum ada toilet dan mushalla. Pemerintah juga sepertinya kurang sosialisasi terhadap wisata pasir putih terhadap turis,” tutur Duta yang mempunyai hobi foto ini.

Pada Malam puncak Pemilihan Duta Wisata Aceh Besar itu,  juga turut dimeriahkan oleh berbagai penampilan seni budaya Aceh, diantaranya, Amoeba Band dan Sanggar Meuligo Aceh Besar.

Zuhri Noviandi