Saintek dan BPKON Wilayah I Jalin Kerjasama

Sumberpost.com | Banda Aceh – Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Ar-Raniry melakukan kerjasama dengan Balai Pelatihan Kontruksi (BPKON) Wilayah I Banda Aceh Badan Pembinaan Kontruksi Kementerian Pekerjaan Umum. Kerjasama tersebut dilaksanakan dalam rangka pengembangan Fakultas Saintek, yang termasuk fakultas baru di UIN Ar-Raniry.

Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan oleh Kepala Balai Pelatihan Kontruksi Wilayah I Sutjipto dan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Saintek Ismail Anshari yang berlangsung di Ruang Sidang II Biro Rektor, Rabu (27/5/2015).

Dekan Sainstek UIN Ar-Raniry Mustanir Yahya mengatakan, penandatanganan naskah kerjasama ini merupakan langkah awal dalam pengembangan fakultas yang dipimpinnya.

Mustanir menyebutkan, ruang lingkup kerjasama ini antara lain menyelenggarakan peningkatan kompetensi, baik keterampilan maupun keahlian kontruksi, penelitian sumber daya manusia dan ketenagakerjaan kontruksi, dan evaluasi pelaksanaan peningkatan tenaga terlatih kontruksi.

Kepala Balai Pelatihan Kontruksi Wilayah I (BPKON W-I) Banda Aceh Sutjipto yang diwakili oleh Kasubbag Tata Usaha Faisal Rizal mengatakan, UIN Ar-Raniry sebagai lembaga pendidikan diharapkan peranannya dalam upaya mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia khususnya di Aceh, hal ini dapat dilakukan dengan melakukan upaya peningkatan SDM yang kompeten agar lulusan Ar-Raniry memiliki pengetahuan dan keterampilan yang teruji serta sikap islami.

Ditambahkan, ke depan perguruan tinggi memiliki andil dalam menempatkan pekerja di Indonesia dan siap menghadapi MEA 2015, mahasiswa diharapkan tidak Cuma bermodalkan ijazah saja, tapi juga harus dibekali dengan sertifikat kompetensi sesuai dengan dunia kontruksi, sertifikat ini dianggap penting sebagai perlindungan bagi tenaga kerja yang menghadapi MEA. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai