Musuh Islam, Umat Islam Sendiri

Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal, Jumat (29/5/2015) menyampaikan tausiah pada kegiatan salat dhuha berjamaah di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Ar-Raniry.

Illiza mengatakan, fenomena yang terjadi sekarang ini, musuh Islam bukanlah orang-orang non-Islam, namun orang Islam sendiri. Menurut Illiza hal ini bisa terjadi karena orang Islam yang beramal bukan lagi karena Allah, namun beramal karena ingin mendapat sanjungan dan popularitas dari manuisa.

Sesuatu yang dikerjakan karena ghairullah (bukan karena Allah), kata Illiza, tidak akan pernah baik dan dapat merusak. Bisa saja seseorang menipu, karena merasa apa yang dikerjakannya tidak akan dipertanggungjawabkan.

Ghairullah, terjadi ketika seseorang beribadah hanya untuk menampakkan kepada orang lain. “Yang sakitnya tuh dihimpit saat dikubur,” ujar Illiza dengan nada guyon.

Illiza yang mulai menjabat sebagai Wakil Walikota Banda Aceh sejak 2007 itu juga menyinggung persolan pendangkalan aqidah. Sangat disayangkan karena pendangkalan aqidah juga merambat ke kota Banda Aceh, karena kota ini merupakan pusat pendidikan di Aceh.

Kota Banda Aceh tidak mungkin akan menjadi kota madani, jika warganya tidak madani. Warga harus menjadi smart, yang dikatakan smart adalah orang yang mengingat dan mempersiapkan kematian, demikian Illiza.

Penulis bernama Muhammad Ghafar, mahasiswa pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry. Email : abdulghafarmerdu@gmail.com

Mungkin Anda Menyukai