Besok, Trieng Putar Film Dampak Batu Mulia

Sumberpost.com | Banda Aceh – Komunitas Perfilman Trieng Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, akan mengadakan pemutaran film dokumenter Tenggelamnya Negeri Batu, pada Kamis (04/06/2015) mendatang, di gedung Museum Safwan Idris kampus tersebut.

Film berdurasi 30 menit yang disutradarai bersama oleh anggota Komunitas Trieng ini merupakan film dokumenter perdana komunitas itu. Film dokumenter itu menceritakan tentang fenomena batu mulia yang heboh di Aceh.

Dalam sinopsisnya, seorang  akademisi dari perguruan tinggi merasa geram melihat manusia yang terus menggali isi bumi. Ia merasa manusia telah dihanyutkan dengan munculnya batu mulia ini tanpa melihat dampak yang akan terjadi ke depannya.

Film tersebut juga diselenggarakan atas kerjasama Komunitas Trieng dengan Japan Foundation, dan pihak Japan Foundation nantinya juga akan memutarkan film dokumenter tentang kebencanaan. Proses pembuatan film ini dilakukan di seluruh wilayah yang ada di Aceh,  selama dua bulan yang lalu, mulai April hingga Mei 2015.

Ketua Komunitas Film Trieng RA Karamullah, mengatakan, pemutaran film ini bertujuan untuk memperlihatkan secara visual kepada masyarakat tentang dampak akibat para pencari batu yang terus menggali gunung.

“Kami ingin memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan dampak sebenarnya yang terjadi apabila kita terus merusak bumi, dan hal tersebut juga telah dikatakan dalam Alquran,” tutur RA Karamullah.

RA berharap, semua masyarakat khususnya para penggemar batu dapat mengikuti pemutaran film ini nantinya. Karena di film ini kata RA, terlihat jelas bagaimana kondisi alam saat ini dan menjelaskan bagaimana kondisi bumi, hingga terjadinya bencana.

Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai