Mahasiswa Belajar Arsitektur dari Dosen Malaysia

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Ar-Raniry belajar arsitektur bersama dosen dari University Sains Malaysia (USM) dalam Kuliah Umum bertema Housing, Building and Planning, Selasa (9/6/2015) di Ruang Sidang Biro Rektor UIN Ar-Raniry.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Syamsul Rijal menyampaikan rasa senangnya atas kedatangan dosen dari USM untuk memberikan kuliah kepada mahasiswa di UIN Ar-Raniry, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Saintek.

“Diharapkan kepada mahasiswa prodi arsitektur Fakultas Saintek UIN Ar-Raniry dapat mengkaji filosofi bangunan yang ada di Aceh, baik bagunan yang memiliki nilai sejarah, ukiran, rumah adat serta berbagai macam yang memiliki nilai religi,” ujar Syamsul.

Ia menambahkan, di Aceh ada rumah adat, masing-masing bangunan daerah di Aceh juga beda bentuk dan ukirannya. Banyak filosofi yang menarik untuk dikaji serta menjadi tugas dosen dan mahasiswa Saintek mentransformasikan nilai-nilai budaya kepada khalayak.

Ketua Prodi Arsitektur Anton Widyanto mengatakan, kegiatan dilaksanakan dalam rangka pengembangan Fakultas Sains dan Teknologi khususnya dibidang arsitektur, ini merupakan bagian dari apa yang telah disepakati dalam Mou sebelumnya, ke depan direncana akan ditingkatkan ke MoA (Memorandum of Agreement).

“Kuliah umum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa pada prodi arsitektur dan juga perwakilan prodi yang ada di bawah Fakultas Saistek, hal ini dilakukan untuk memberikan peluang kepada prodi-prodi lain dalam mengembangkan kerjasama nantinya,” katanya.

Kuliah umum ini disampaikan oleh Nor A’zam Shuib, Prof. Madya LAr. Jamel Ariffin, Tuan H. Mohd. Yahya Mohd. Daud dan Prof. Madya. Dr. H. Hassim Mat, semuanya dosen dari USM.

Lebih lanjut kata Anton, dalam rangka peningkatan kualitas dosen nantinya akan ada program pertukaran dosen dan mahasiswa antara dua kampus ini. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai