PMI Kota Banda Aceh Kumpulkan 560 Kantong Darah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banda Aceh berhasil mengumpulkan 560 kantong darah pada Selasa (9/6/2015),di depan kantor PMI Kota Banda Aceh, Lampineung. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia.

Ratusan masyarakat dari berbagai kalangan sudah memadati tempat itu sejak pukul 08.00 WIB hingga donor darah berakhir pukul 15.00 WIB. Masyarakat yang melakukan donor darah dalam kurun waktu 2014 hingga 2015, akan mendapat doorprize. Setelah donor darah berakhir, panitia langung mengumumkan nama yang mendapat doorprize utama, yaitu dua unit sepeda motor merek Honda.

Dua orang  yang beruntung itu ialah Muhammad Faturrahman dan Rudi Setiawan. Namun, ketika nama Muhammad Faturrahman dipanggil, tidak ada seorang pun yang maju ke atas panggung.  Beberapa peserta donor darah yang masih menyaksikan pengumuman pemenang doorprize berteriak agar Muhammad Fathurrahman dibatalkan sebagai pemenang.

Lantas, panitia langsung menghubungi Muhammad Faturrahman. “Kalau tidak ada orangnya di sini tidak apa-apa, kita akan menghubungi langsung karena ada nomor handphone ada di kertas undian,” kata salah seorang panitia di atas panggung.

Setelah dihubungi, Faturrahman sedang berada di Banda Aceh. Ia ingat pernah melakukan donor darah di Universitas Syiah Kuala. Dalam pembicaraan melalui telepon itu, Faturrahman mengaku senang dan akan langsung ke kantor PMI Kota Banda Aceh.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Haqni mengaku senang atas suksesnya kegiatan donor darah pada Hari Donor Darah Sedunia itu. Dikatakan Qamaruzzaman, darah yang sudah dikumpulkan akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Saya senang, hari ini paling banyak kita kumpulkan darah selama kita buat kegiatan donor darah. Darah yang sudah kita terima, akan diproses dan segera disalurkan untuk orang yang membutuhkan,” kata Qamaruzzaman disela-sela kegiatan.

Saban hari, ujarnya, masyarakat membutuhkan seratus kantong darah. Rata-rata darah yang dibutuhkan ialah golongan O, A, dan B. Dengan rutinnya kegiatan donor darah dilakukan, akan menutupi stok darah yang kurang.

Bagi yang ingin menyalurkan atau membutuhkan darah, bisa menghubungi call center PMI Kota Banda Aceh dinomor 08116815800.

“Darah itu tidak bisa diproduksi, tidak bisa diciptakan. Jadi, untuk menolong orang yang kekurangan darah, ya harus dengan donor darah,” tutur Qamaruzzaman. []

Abdul Hadi F

Mungkin Anda Menyukai