Seulaweuet Tampilkan Kesenian Tradisional Aceh di Pi-AGAM

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Khusus (UKK) Sanggar Seni Seulaweuet UIN Ar-Raniry, bakal kembali mengadakan Piasan Aneuk Galak Meuseni (Pi-AGAM) ke sembilan. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung di Auditorium Ali Hasjmy, Sabtu (13/6/2015) mendatang.

Pesta seni bertajuk “Sigrak Meutega Beunteung ta Ikat Bubong ta Peukrab ngoen Oen Meuria, Sajan Seulaweuet Gisa Bak Adat Ta Jaga Meuhat Seni Budaya” ini merupakan kegiatan apresiasi seni dari Sanggar Seni Seulaweuet untuk masyarakat Aceh. Pi-AGAM akan menampilkan kolaborasi seni modern dan kesenian tradisional Aceh.

Acara tersebut berlangsung mulai pukul 20.00 WIB malam, terbuka untuk umum dan gratis. Anggota Sanggar Seni Seulaweuet, dalam kegiatan itu bakal menampilkan rapa’i geleng, saman gayo, tari kolaborasi, pantomim, EsTiGa Band, atraksi sulap, dan turut dimeriahkan oleh Joel Pasee dan Tangkee Band.

Pi-AGAM merupakan acara tahunan Sanggar Seni Seulaweuet untuk mengembangkan kesenian tradisional Aceh. Ketua Umum Demisioner Rizza Amanda Phonna mengatakan, Pi-AGAM diselenggarakan untuk mengajak kembali anak muda Aceh agar mencintai kesenian tradisional.

“Kami mengajak seluruh pemuda Aceh untuk kembali merangsang minatnya, dalam membudayakan seni Aceh itu sendiri. Karena kita melihat saat ini seni budaya sudah hampir hilang bahkan mulai kurang diminati,” kata Manda, Kamis (11/6/2015).

Ia berharap, agar mahasiswa UIN Ar-Raniry dan masyarakat Aceh khususnya kalangan anak muda, untuk dapat hadir, sehingga bisa melihat kembali bagaimana kesenian Aceh. []

Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai