Besok, 6.396 Calon Mahasiswa Baru UIN Ar-Raniry Ikut Tes

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 6.396 calon mahasiswa baru bakal mengikuti seleksi masuk ke UIN Ar-Raniry Banda Aceh melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2015.

Ujian dilaksanakan pada Selasa dan Rabu (23-24/6/2015) di lingkungan UIN Ar-Raniry, Pasca sarjana UIN Ar-Raniry, MTsN dan MAN Rukoh, SMA N 5 Darusalam, serta MTsN dan MAN Tungkop. 6.396 calon mahasiswa baru akan bersaing untuk memperebutkan 2400 kursi yang tersedia melalui jalur tes UM-PTKIN.

Pelaksanaan ujian masuk melalui jalur UM-PTKIN tersebut dilaksanakan secara serentak di perguruan tinggi Islam seluruh Indonesia.

UIN Ar-Raniry di tahun 2015 menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur, yaitu jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) yang menampung 40 persen dari total mahasiswa yang diterima UIN Ar-Raniry tahun ini. Selanjutnya Jalur UM-PTKIN yang juga menerima 40 persen mahasiswa baru dari total penerimaan keseluruhan di tahun 2015.

Sebelumnya, UIN Ar-Raniry telah menerima sebanyak 1987 mahasiswa baru yang lolos tes SPAN. Tahun 2015, kampus ini menerima sekitar 5.200 mahasiswa baru.

Kemudian di tahap ketiga UIN Ar-Raniry membuka tes melalui jalur Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Lokal yang dibuka pendaftarannya mulai 27 Juli hingga 7 Agustus 2015, jalur ini menampung 20 persen mahasiswa baru.

Pada hari pertama, peserta tes diberikan materi ujian diantaranya ialah tes potensi akademik, kebahasaan dan keislaman. Di hari kedua, peserta akan dites materi IPA dan IPS.

Abdul Hadi F | Foto : Nat

Mungkin Anda Menyukai