PMI dan Resimen Mahasiswa Siaga Selama Tes Berlangsung

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dua Unit Kegiatan Khusus (UKK) di UIN Ar-Raniry, akan turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengamanan dan medis bagi peserta tes yang kurang sehat. Dua UKK tersebut ialah Resimen Mahasiswa dan Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) unit UIN Ar-Raniry.

Dua UKK ini akan turun ke lapangan selama hari tes, yaitu Selasa dan Rabu (23-24/6/2015). Untuk KSR PMI unit UIN Ar-Raniry, bakal siaga disetiap tempat tes, baik di lingkungan kampus Ar-Raniry, pasca sarjana UIN Ar-Raniry, SMA N 5 Darussalam, MTsN dan MAN Rukoh, serta MTsN dan MAN Tungkop. KSR PMI juga mendirikan posko induk di depan Auditorium Ali Hasjmy.

Sementara Resimen Mahasiswa mengamankan jalan menuju kampus UIN Ar-Raniry dan tempat parkir di lingkungan kampus tersebut. Pada tahun sebelumnya, Resimen Mahasiswa akan mengarahkan pengguna jalan agar melewati jalur yang telah ditentukan. Hal itu dilakukan untuk mengatasi kemacetan.

Komandan KSR PMI unit Ar-Raniry, Nazaruddin mengatakan, pihaknya mengerahkan 40-an relawan untuk siaga di 17 tempat tes guna melakukan medis dasar apabila ada peserta yang kurang sehat atau tiba-tiba sakit.

Juga ada satu ambulan yang siaga di posko induk untuk mengantisipasi peserta yang segera membutuhkan perawatan di rumah sakit. “Biasa, peserta yang sakit itu karena tidak sarapan dan kelelahan waktu lagi tes,” kata Nazaruddin saat dihubungi sumberpost.com, Selasa (22/6/2015) sore.

Nazaruddin menambahkan, pihaknya siap untuk memberi pelayanan medis kepada peserta yang membutuhkan. Disetiap tempat tes, relawan akan dibekali kotak P3K untuk melakukan pertolongan pertama.

Kasi Operasi Resimen Mahasiswa, Hariswandi menyebutkan, siap melakukan pengamanan selama tes berlangsung, hal itu sesuai dengan instruksi yang diberikan kepada UKK ini.

“Seperti yang kita kondusifkan, jalan jangan sampai macet. Kemudian kalau ada orang yang duduk di atas sepeda motor, kami himbau agar tidak duduk lagi, itu untuk menjaga kecurian,” kata Hariswandi melalui pesawat telepon. []

Abdul Hadi F

Mungkin Anda Menyukai