Dokter Sarankan Konsumsi Buah dan Air Putih Untuk Jaga Kesehatan Saat Puasa

Sumberpost.com | Banda Aceh – Belakangan, suhu udara di Kota Banda Aceh terasa panas. Kondisi ini menyebabkan masyarakat yang berpuasa cepat merasa capek dan gerah. Untuk itu, disarankan kepada masyarakat untuk banyak mengkonsumsi air putih dan buah.

Kepala Puskesmas Kopelma Darussalam, dr Amalia menyarankan kepada masyarakat untuk meminum air putih sebanyak delapan gelas, yaitu dua gelas ketika sahur, dua gelas saat berbuka, dan empat gelas lepas tarawih atau sebelum tidur.

“Tubuh manusia butuh banyak cairan agar tetap sehat dan kuat saat menjalani ibadah puasa. Masyarakat dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi air putih hingga delapan gelas,” kata dr Amalia di ruangnya, Selasa (30/06/2015).

Disamping mengkonsumsi air putih, ia juga mengajurkan agar masyarakat untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Kata Amalia, boleh makan buah apa saja, asalkan aman dan cocok bagi perut.

Untuk penderita maag, ia menyarankan buah yang akan dikonsumsi tidak menganggu pencernaan. “Yang kira-kira aman dan cocoklah untuk kita. Misalnya seperti jeruk manis, apel, dan apa lagi pepaya. Pepaya memang sangat bagus untuk pencernaan,” terangnya.

Bagi penderita penyakit Infeksi Darah Manis (IDM), dr Amaliamenyarankan, agar masyarakat bisa mengurangi minuman yang manis-manis. Namun bukan berarti penderita IDM tidak boleh minun air manis. “Tetapi jumlah dan jenis makanan, hingga jadwal makannya bisa diatur,” tuturnya. []

Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai