192 Mahasiswa Pascasarjana UIN Ar-Raniry Ikut Tes 

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sebanyak 192 calon mahasiswa baru Program Pascasarjana (PPS) UIN Ar-Raniry Banda Aceh mengikuti tes ujian masuk. Pelaksaan ujian dilaksanakan selama dua hari, yaitu 23 dan 24 Juli 2015 di gedung kampus setempat.

Direktur Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry Rusjdi Ali Muhammad mengatakan, mahasiswa baru PPS UIN Ar-Raniry yang telah lulus tes tulis nantinya akan mengikuti tes wawancara. Pada hari pertama, dilaksanakan tes kompetensi dasar dan tes materi bahasa arab, selanjutnya hari kedua diberikan materi tes bahasa inggris.

“PPS UIN Ar-Raniry saat ini menyelenggarakan dua program studi pada program doktor (S3), yaitu Fiqh Modern dan Pendidikan Agama Islam, sedangkan pada program magister (S2) ada Ilmu Agama Islam dengan konsentrasi pendidikan agama islam, fiqh modern, ilmu dakwah, pemikiran islam, sejarah dan tamaddun islam, pendidikan bahasa arab dan ekonomi syariah,” ujarnya, Kamis (23/7/2015).

Rusjdi menyebutkan, saat ini konsentrasi yang paling banyak peminatnya pada Pendidikan Agama Islam, menurutnya hal ini dikarenakan mahasiswa yang lulus dari program Strata-1 (s1) terbanyak terdapat pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan di UIN Ar-Raniry, selanjutnya disusul oleh konsentrasi Ekonomi Syariah.

“Untuk menjadi tenaga pengajar di perguruan tinggi harus memiliki minimal ijazah S2, oleh Karena itu kami menghimbau kepada universitas dan sekolah tinggi diseluruhan Aceh sama-sama mengajak sekaligus memperkuat kapasitas program pasca sarjana di UIN Ar-Raniry untuk memperkuat pendidikan di Aceh,” kata Rusjdy

Sementara itu wakil direktur PPS UIN Ar-Raniry Salman Abdul Muthalib mengatakan, pada tes terakhir, yaitu tes wawancara, akan ditanyai tentang materi dari hasil makalah yang dibuat oleh calon mahasiswa yang sudah disiapkan sebagai salah satu syarat pendaftaran mahasiswa baru, dan ini dianjurkan akan menjadi proposal tesis.

Salman merincikan, dari keseluruhan konsentrasi yang diselenggarkan, tahun ini jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 192 orang, 26 diantaranya memilih program doktor yaitu 22 orang memilih prodi pendidikan agama islam, dan empat orang memilih fiqh modern.

Sementara 166 calon mahasiswa yang mengambil program magister (S2) menentukan pilihan pada tujuh konsentrasi yang diselenggarakan tahun ini. Hasil tes akan diumumkan pada 10 Agustus mendatang dan daftar ulang pada tanggal 11-24 Agustus. [Rilis]

Mungkin Anda Menyukai