Jika Benjolan Cepat Membesar, Segera Periksa! Itu Kanker

Sumberpost.com | Banda Aceh – Jika dibagian tubuh Anda terdapat sebuah benjolan atau bengkak yang terus membesar dalam waktu singkat, segera periksa ke rumah sakit. Karena bisa jadi itu adalah tumor ganas atau kanker.

Sifat dari kanker ialah cepat berkembang dan menjalar. Jadi apabila kanker sudah besar, bisa menyebabkan gangguan pada fungsi organ.

dr. M. Riswan Sp. PD-KHOM-FINASIM, ahli penyakit dalam dan konsultan kanker penyakit dalam di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) mengatakan, kanker adalah pertumbuhan sel yang abnormal dan ditandai oleh dua hal, pertama berkembang dengan cepat dan kedua bermetastase atau menjalar.

“Jadi sel abnormal itu tumbuh dan lama-lama makin besar, itulah kanker. Misalnya tiba-tiba ada benjolan di payudara, yang mestinya tidak ada, tiba-tiba ada benjolan, benjolan itu sel, kalau terus membesar dengan cepat, itu kanker,” kata dr. Riswan pada Jumat (7/8/2015) diruang kerjanya.

Namun, bukan semua benjolan ialah tanda kanker. Jika benjolan yang sudah dimiliki seseorang sejak kecil, pertumbuhan benjolan pun dirasa lambat dan sampai dewasa masih ada, itu bukan kanker. Dikatakan kanker, jika benjolan tumbuh dengan cepat.

Untuk mengetahui seseorang menderita kanker, tergantung dari kankernya. Contohnya kanker getah bening, bengkak atau benjolannya terdapat di leher. dr. Riswan mengatakan, semua orang berpeluang menderita kanker. Namun ada kelompok yang berisiko tinggi terkena kanker.

Faktor resiko kanker ialah riwayat kanker dalam keluarga, terpapar dengan zat kimia, faktor usia (cenderung kepada orang tua), dan perokok. Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk segera memeriksa jika ada tanda-tanda kanker. Karena jika kanker sudah membesar, akan mengganggu fungsi organ di tubuh. []

Abdul Hadi F | ilustrasi : internet