Cegah Kanker Sejak Dini, Ini Caranya

Sumberpost.com | Banda Aceh – Mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Nah, jika Anda khawatir terkena kanker, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kanker tidak menggerogoti tubuh Anda.

dr. M. Riswan Sp. PD-KHOM-FINASIM, ahli penyakit dalam dan konsultan kanker penyakit dalam di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) mengatakan, cara mencegah kanker salah satunya ialah dengan menghindari makanan cepat saji.

Selain itu, pewarna dalam makanan juga dapat menimbulkan kanker, karena didalamnya terdapat zat karsinogenik, yaitu zat yang bersifat mencetus kanker. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan alami baik untuk mencegah kanker. Sertakan juga sayuran dan buah-buahan.

“Pengawet makanan juga sebabkan kanker. Kemudian, salah satu resiko kanker usus ialah makanan mentah, makanya resiko kanker usus lebih tinggi orang di Jepang daripada Indonesia,” kata dr. Riswan pada (7/8/2015) diruang kerjanya.

Cara lain mencegah kanker bisa dengan olahraga secara teratur dan minum air putih. Rokok juga bisa menyebabkan kanker. Tidak hanya pada perokok, racun yang terdapat pada rokok juga menyebabkan orang disekitar perokok terkena kanker.

Namun demikian, jika Anda merasa nyeri disalah satu bagian tubuh, jangan diabaikan. Boleh jadi nyeri itu ialah tanda kanker. Dikatakan dr. Riswan, kanker merupakan pertumbuhan sel yang abnormal dan ditandai oleh dua hal, yang pertama berkembang dengan cepat dan kedua menjalar.

Jadi, mulailah hidup sehat dari sekarang, jangan tunggu penyakit serius menggerogoti tubuh Anda. Karena kanker bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan jenis kelamin. []

Abd Hadi F