UIN Ar-Raniry-UnisZA Kerjasama Tingkatkan Mutu Pendidikan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Aceh, UIN Ar-Raniry menandatangi naskah kerjasama dengan University Sultan Zainal Abidin (UnisZA) Terengganu Malaysia, Rabu (19/8/2015) di Ruang Sidang Rektor kampus setempat.

Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim mengatakan, hubungan antara Aceh dengan Malaysia telah lama terjalin, begitu juga dengan kampus Ar-Raniry.

“Seiring perkembangan zaman, UIN Ar-Raniry Aceh terus meningkatkan hubungan silaturrahim dengan kampus-kampus luar negeri, khusus dengan kampus di Malaysia telah dilakukan beberapa bidang kerjasama dengan berbagai kampus yang ada di Malaysia,” ujar Farid.

Beberapa bulan lalu kata Farid Wajdi, UIN menerima mahasiswa dari Malaysia yang di lakukan dengan dua jalur, yaitu jalur transfer dimana mahasiswa melanjutkan kuliah di UIN Ar-Raniry, dan jalur kedua mereka mengikuti tes untuk masuk mulai semester pertama.

Dalam tes yang dilaksanakan di Malaysia, lebih kurang 16 sekolah menengah yang ada di negara tersebut mengikuti tes ujian masuk ke UIN Ar-Raniry.

Rektor UnisZA Terengganu Professor Datuk Yahya bin Ibrahim, berharap kerjasama tersebut dapat meningkatkan silaturrahim dan menjalankan program-program antara UIN Ar-Raniry dengan UnisZA, sehingga memperoleh hasil yang baik terutama bidang peningkatan mutu pendidikan.

Yahya menyebutkan, saat ini UnisZA memiliki 10 Fakultas dengan total 9.000 mahasiswa di berbagai program studi yang ada di sana, hampir semua Fakultas di UinisZA telah memiliki program pascasarjana dan program Doktor.

“Kita berharap dengan penandatanganan nasakah kerjasma ini, UIN dan UnisZA dapat menghasil program-program pendidikan yang mengedepankan mutu dan kualitas,” imbuh Datuk Yahya. [Rilis]