Alumni KPI Bangkitkan Semangat Calon Jurnalis Muda

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kepedulian alumni terhadap mahasiswa program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh. Salah seorang alumni KPI yang saat ini menjadi pimpinan di sebuah media lokal Aceh, Fakhrurradzie Gade, memberikan kesempatan bagi mahasiswa KPI untuk magang sebagai wartawan di acehkita.com.

Alumni jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam itu menyatakan, tawaran magang ini sebagai bentuk dukungannya terhadap mahasiswa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Tawaran itu diberikan setelah acehkita.com memuat galeri foto Orientasi Pengenalan Kampus (Opak) karya Zuhri Noviandi, jurnalis sumberpost.com.

Radzie, pemimpin redaksi acehkita.com, membagi tautan galeri foto karya Zuhri di laman Facebooknya dengan menulis keterangan “Nikmati karya-karya Zuhri Noviandi, jurnalis kampus berbakat”.

Postingan tersebut ditanggapi positif oleh sejumlah alumni jurusan KPI. Menanggapi beragam komentar, Radzie menyebutkan, publikasi karya mahasiswa jurusan KPI dilakukan untuk membangkitkan semangat para calon jurnalis pemula.

“Hanya begini yang bisa saya lakukan. Kalau mau, sebenarnya, mahasiswa jurusan KPI Fakultas Dakwah dan Komunikasi bisa menggunakan media AK (acehkita.com –red.) sebagai tempat belajar, saya akan coba semampu saya. Asal mau saja,” tulis Radzie.

Jebolan Fakultas Dakwah pada 2002 itu juga berpesan kepada kepada Jufrizal, lulusan pascasarjana Nanchang University Tiongkok yang saat ini mengajar di pordi KPI, agar mengajak mahasiswa magang di acehkita.

“Kalo ada ngajar jurnalistik, bisa arahkan untuk tempat magang. Diterima dengan senang hati,” ujar Radzie yang juga Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen Banda Aceh.

Hal serupa juga disampaikan kepada Maria Effiyana, mahasiswa magister di Hebei University Tiongkok.  “Maria juga bisa berkontribusi menjadi jurnalis muda berbakat,” ajak kontributor The Associated Press itu.

Dia juga memberi kesempatan bagi siapa saja yang ingin menulis, acehkita.com memberi terbuka untuk jurnalisme warga.

Nat Riwat

Mungkin Anda Menyukai