UIN Ar-Raniry Rumuskan Silabus Berbasis Kompetensi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, UIN Ar-Raniry menggelar workshop pengembangan silabus berbasis kompetensi. Kegiatan tersebut berlangsung mulai Selasa hingga Kamis (15-17/9/2015) mendatang di Auditorium Ali Hasjmy UIN Ar-Raniry.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan Muhibbuthabry saat pembukaan workshop mengatakan, kurikulum yang diterapkan suatu kampus harus memiliki standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah, sebagaimana tercantum dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan.

Pada Peraturan Pemerintah tersebut, kata Muhibbuthabry, dalam BAB Standar Proses pasal 20 disebutkan bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.

“Sebuah kurikulum yang diterapkan di Universitas tidak boleh lahir dengan serta-merta, semuanya harus melalui proses dan kita akan terus konsisten dengan statuta yang telah diberlakukan untuk UIN Ar-Raniry ini,” ujarnya.

Muhibbuthabry menjelaskan, semua silabus yang telah diberlakukan selama IAIN akan ditinjau ulang untuk disesuaikan dengan dengan statuta UIN Ar-Raniry. Ia berharap kepada pimpinan di tingkat fakultas dan jurusan untuk mengikuti kegiatan tersebut dengan baik sehingga memperoleh hasil maksimal ketika merumuskan silabus nantinya.

Sementara itu Ketua Panitia Buhori Muslim menyebutkan, kegiatan workshop pada hari pertama disampaikan materi oleh M. Duskri, tentang penyusunan silabus. Ditambahkan, peserta pelatihan ini berjumlah 365 orang, terdiri dari 43 prodi dan perwakilan fakultas dilingkungan UIN Ar-Raniry.

“Selama ini sebagian kita menyusun silabus hanya menyusun mata kuliah dan buku bacaan sebagai referensi saja, dengan workshop ini nantinya penyusunan silabus UIN Ar-Raniry dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” ujar Buhori.

Silabus yang diharapkan ke depan adalah silabus yang merupakan penjabaran dari standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian. [Rilis]