Ini Strategi BNPT Cegah Terorisme

Sumberpost.com | Banda Aceh – Deputi I Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Agus Surya Bakti mengatakan, pihaknya menggalakkan dua strategi khusus untuk mencegah terjadinya aksi terorisme di Indonesia.

Ia menjelaskan, dua strategi tersebut ialah kontra radikalisasi dan deradikalisasi. Kontraradikalisasi, kata Agus, dilakukan melalui pendidikan formal dan nonformal dengan menanamkan nilai-nilai non-kekerasan kepada seluruh masyarakat umum.

Sedangkan deradikalisasi ditujukan kepada setiap kelompok yang terlibat dan mendukung aksi terorisme.

Dalam mewujudkan strategi tersebut, Ia mengatakan BNPT bekerjasama dengan Dewan Pers dan media-media di Indonesia serta mensosialisasikannya baik melaui media elektronik maupun cetak .

“Media sangat berperan penting dalam memcegah terorisme. Saya berharap kepada seluruh media untuk mendukung dan turut serta dalam mencegah segala jenis aksi terorisme di Indonesia,” kata Agus di Aula Rumoh PMI, Banda Aceh, Selasa (29/09/2015).

Namun, ia juga meminta agar media tidak membesar-besarkan kejadian terorisme yang dapat merusak perdamaian di Indonesia.

“Agar selalu terciptanya perdamaian, upaya-upaya pencegahan ini harus rutin kita laksanakan, karena untuk mewujudkannya tidak secepat kita merasakan pedasnya memakan cabe, perlu usaha yang ekstra dan dukungan segenap masyarakat juga,” ujarnya. []

Ghasyia MZ