Wakil Ketua KPK Ajak Masyarakat Jadi Jurnalis Warga Untuk Berantas Korupsi

Sumberpost.com | Banda Aceh – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Pandu Praja mengajak masyarakat berperan aktif dalam memerangi korupsi dengan menjadi jurnalis warga. Ia menambahkan, saat ini banyak wartawan yang mempunyai integritas juga membantu KPK.
“Masyarakat harus membantu KPK untuk berantas korupsi. Kalau masyarakat banyak berpartisipasi lawan korupsi, semakin sedikit orang yang melakukan pelanggaran. Mereka (pelaku korupsi) akan malu,” kata Adnan di Aula RRI, Rabu (30/9/2015).
Adnan menambahkan, dalam institusi KPK karyawan banyak berada dibidang pencegahan daripada penindakan. Namun sosialisasi mengenai dampak korupsi yang kerap dikampanyekan KPK, jarang masuk ke media karena dinilai tidak menarik.
“Ayo bersama KPK untuk lawan korupsi. Jaksa KPK juga ada orang Aceh. Selama ini juga KPK menjaga integritasnya,” ujar Adnan dalam workshop citizen journalism itu.
Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Kota Banda Aceh, Muhammad Nurdin yang menggantikan Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal menyatakan komitmennya untuk mencegah korupsi, khususnya dalam pemerintah Kota Banda Aceh sendiri.
“Pemkot Banda Aceh menjalankan berbagai program yang bisa diakses oleh masyarakat terkait layanan informasi publik lewat internet. Hal itu bisa dilihat dari program pemkot yang pro rakyat,” kata Nurdin.
Pemerintah, lanjutnya, akan berusaha untuk terus terbuka, hal ini dianggap bagus untuk memajukan Kota Banda Aceh melalui suara rakyat. Ia berharap, masyarakat Kota Banda Aceh berpartisipasi aktif dalam pembangunan kota tersebut.
Salah seorang citizen journalims nasional, lexy Rambadetta yang menjadi pembicara pada workshop itu mengatakan, kini warga cukup dimanjakan dengan kecanggihan teknologi dalam menyampaikan informasi kepada publik.
“Yang penting bisa menjaga etika dan jangan mempublikasi untuk kepentingan pribadi. Selain itu juga harus menghormati SARA dan tidak menampilkan unsur pornografi,” kata lexy saat mempresentasikan citizen journalism. []
Abd Hadi F | foto : Reza M

Mungkin Anda Menyukai