Komunitas di Abdya Kutip Sampah di Pantai Jilbab

Sumberpost.com | Banda Aceh – Puluhan pemuda peduli lingkungan yang tergabung dalam Pemuda Pemudi Sadar Sampah (PPSS) Aceh Barat Daya (Abdya), membersihkan sampah di pinggiran Pantai Jilbab, Desa Ujung Seurangga, Kecamatan Susoh, Sabtu (10/10/2015).

Sampah yang makin menumpuk dan bertaburan di pinggiran pantai tersebut membuat komunitas PPSS tergerak untuk membersihkan sampah di Pantai Jilbab. Tidak hanya di pantai Jilbab saja, pemungutan sampah juga dilakukan dibeberapa titik seperti di tempat permainan anak dan tempat-tempat yang kerap di akses oleh publik.

“Masyarakat masih kurang peka akan pentingnya kebersihan dan menjaga lingkungan, makanya makin hari sampah makin terus bertumpuk di pantai jilbab ini,” ujar Sifral Jamil, Koordinator aksi.

Lebih lanjut dikatakan Sifral Jamil, aksi pengutipan sampah untuk menyadarkan masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Sehingga lingkungan dan tempat-tempat wisata yang ada di Abdya bebas dari polusi.

Ia berharap kepada pemerintah agar menyediakan tempat sampah serta mobil pengangkut sampah untuk mengangkut sampah agar tidak menumpuk.

“Kebersihan lingkungan adalah sebahagian dari iman, begitu agama kita mengajarkan. Semoga kegiatan ini di respon oleh pihak terkait secara positif yang memang tugas mereka adalah mengurus sampah, ” kata Sifral Jamil.

Kegiatan pembersihan pantai ini juga melibatkan dari berbagai organisasi yang sadar akan lingkungan, diantaranya, Blood For Life Foundation Abdya, Komunitas Fhotography komfOOs, Rumoh Lensa, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Abdya, Cerana Institute, Aceh Research & Consulting, Yayasan Peduli Inong Aceh, dan Berisik Mahinga Ceplos. []

Zuhri Noviandi