Pernyataan Alumni FEBI Terkait Skorsing HMP-ES

Terkait dengan rencana pihak dekanat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Rairy yang akan menjatuhkan skorsing terhadap panitia peusijuk, dan berdasarkan hasil rapat kami pada Jumat, 9 Oktober 2015 malam.

Kami sebagai alumni FEBI menyayangkan keputusan akan menskorsing panitia peusijuk dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah (HMJ-ES) karena dianggap masih terlalu dini dan terkesan berlebihan.

Kita tahu dari tahun ke tahun, kegiatan peusijuk mahasiswa baru merupakan kegiatan bersama antara senior dan junior serta alumni. Kegiatan tersebut bukanlah kegiatan perpeloncoan, akan tetapi lebih kepada pengenalan terhadap dunia kemahasiswaan serta silaturahmi sesama mahasiswa ditambah training edukasi terhadap mahasiswa baru.

Dari dulu kegiatan ini merupakan kegiatan paling penting. Jangan disamakan dengan kasus yang terjadi di FISIP Unsyiah dimana HMJ-nya melaksanakan Ospek Jurusan diluar kampus itu jelas melanggar himbauan menteri dan rektorat sehingga bisa dikenakan sanki skorsing.

Kegiatan peusijuk adalah kegiatan keakraban, sama sekali tidak ada perpeloncoan didalamnya. Bahkan dikalangan mahasiswa FEBI sejak saya menjabat sebagai ketua umum HMJ D3 Perbankan Syariah 2011-2012, dan Dewan Pembina HMJ D3 Perbankan Syariah 2012-2013, ospek mahasiswa saja tidak pernah memperlakukan mahasiswa baru diluar batas, karena kami para senior bertujuan untuk menciptakan generasi pemimpin bukan penindas.

Meskipun diadakan diluar kampus, keamanan dan keselamatan adalah fokus utama. Makanya setiap event pesijuk juga diundang pihak jurusan.

Memang ada kesalahan dari panitia karena pulang diatas jam yang tidak wajar, namun panitia sudah mengklarifikasi hal tersebut, apalagi kesalahannya tergolong diluar kesengajaan.

Bicara mengenai tidak adanya pemberitahuan mungkin karena junior-junior kami yang ada di jurusan HMJ ES terbilang masih baru dalam mengenal segala urusan kampus. Bisa saja mereka khilaf, apalagi kalau kita liat mereka adalah generasi pertama dari HMJ ES. Minimal diberi peringatan keras karena tidak memberikan pemberitahuan. Kalau langsung dikasih skrosing ditakutkan tidak ada lagi yang mau aktif di Himpunan.

Penulis bernama Khadafi Syah, alumni Jurusan D-III Perbankan Syariah FEBI UIN Ar-Raniry. Pernah menjabat sebagai Ketua Umum HMJ D-III Perbankan Syariah 2011-2012.

Mungkin Anda Menyukai