Unjuk Rasa Protes Skorsing Sempat Ricuh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Aksi unjuk rasa yang dilakukan Aliansi Mahasiswa Unsyiah didepan Gedung Rektorat Unsyiah pada Senin (12/10/2015) sempat rusuh.

Menjelang siang, aksi dorong-dorong antara mahasiswa dan aparat keamanan tidak terelakkan saat mahasiswa bersikeras untuk masuk ke dalam gedung Rektorat Unsyiah.

Kejadian ini berawal dari instruksi koordinator lapangan aksi yang menyuruh massa untuk berdiri. Setelah itu, massa secara perlahan-lahan mulai mendorong barisan yang dibentuk aparat keamanan.

Peristiwa tersebut sempat memicu ketegangan kecil antara aparat keamanan dengan mahasiswa. Disela-sela aksi dorong-mendorong, sebuah korek api melayang dan mengenai pintu Rektorat Unsyiah.

Insiden tersebut tidak berlangsung lama. Aparat keamanan berusaha menahan diri dan tetap mengutamakan pendekatan persuasif. Seorang mahasiswa yang memegang pengeras suara kemudian mengintruksikan kepada massa agar tenang dan tidak berbuat anarkis. Kemudian mahasiswa meneriakkan yel-yel, “Revolusi, revolusi, revolusi sampai mati.”

Dalam aksi itu, Aliansi Mahasiswa Unsyiah menuntut agar sejumlah mahasiswa yang diskorsing oleh pihak Rektorat Unsyiah dicabut skorsingnya. Pendemo menilai, bahwa surat keputusan skorsing yang dikeluarkan rektorat terdapat cacat hukum serta tidak ada klarifikasi sebelum menetapkan skorsing.

“Teman-teman, apa kita sepakat dengan skorsing kita hari ini? Kita hanya ingin skorsing kita dicabut oleh rektor!” kata Ketua BEM FISIP Unsyiah, Putra Riski Youlan. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai