Saintek UIN Kerja Sama dengan PDAM Tirta Daroy

Sumberpost.com | Banda Aceh – Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Ar-Raniry resmi bekerja sama dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Daroy Kota Banda Aceh.

Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan oleh Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama F-Saintek Ismail Anshari dengan Direktur Utama PDAM Tirta Daroy Teuku Novizal Aiyub, Kamis (15/10/2015) di Theater Room Museum UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

“Dalam kegiatan Penandatanganan kerja sama ini juga diadakan Kuliah Umum tentang penyediaan air bersih perkotaan, tema yang diangkat adalah membangun sinergi antara dunia akademik dan profesional dalam menghadapi tantangan sistem penyediaan air bersih, disampaikan oleh Dirut PDAM Tirta Daroy Teuku Novizal Aiyub,” ujar Wakil Dekan bidang Akademik dan Kelembagaan F-Saintek Muhammad AR.

Muhammad menambahkan, kerja sama ini diharapkan ke depan mahasiswa di prodi teknik lingkungan dapat mengaplikasikan ilmunya ditempat kerja, terutama pada bagian-bagian yang erat kaitannya dengan ilmu yang telah dimiliki selama belajar di UIN Ar-Raniry.

Secara rinci disebutkan, kerja sama antara UIN Ar-Raniry dengan PDAM Tirta Daroy di antaranya mahasiswa UIN dapat melakukan praktikum dan kunjungan lapangan, melakukan kerja praktek (magang), melakukan penelitian baik dilakukan oleh akedemisi dan mahasiswa, mahasiswa dapat melakukan penelitian tugas akhir pada PDAM, serta terkait dengan perekrutan tenaga kerja, artinya lulusan Teknik Lingkungan UIN akan menjadi calon tenaga kerja yang bekerja di salah satu bidang penyediaan air bersih.

Sementara itu, Dirut PDAM Tirta Daroy Teuku Novizal Aiyub, dalam Kuliah Umumnya menyampaikan, bahwa selama ini jarang sekali Perguruan Tinggi yang membuka prodi Teknik Lingkungan, terutama di Aceh. Oleh karena itu prodi teknik lingkungan UIN Ar-Raniry akan memiliki peluang dan kesempatan besar di masa mendatang.

“Saat ini sangat kurang tenaga ahli di bidang sistem penyediaan air bersih, di PDAM Tirta Daroy sampai saat ini belum ada sarjana lulusan Teknik Lingkungan, kami berharap ke depan alumni prodi TL UIN Ar-Raniry dapat membantu dan mengaplikasikan ilmunya di PDAM Banda Aceh ini,” imbuh Aiyub. [Rilis]