Sanggar Latah Tuah Tampilkan Peterakna Episode Mangkat Dijulang Malam Ini

Sumberpost.com | Banda Aceh – Sanggar Latah Tuah Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Qasim Riau, bekerjasama dengan Teater Rongsokan UIN Ar-Raniry bakal mementaskan sebuah kisah nyata kerajaan Melayu masa lampau berjudul Peterakna episode Mangkat Dijulang.

Pementasan akan berlangsung malam ini, 24 Oktober 2015 pukul 19.45 WIB di Gedung Auditorium Radio Republik Indonesia (RRI) Banda Aceh.  Teater yang akan ditampilkan mengambil tema Pentas Keliling Teater Bangsawan.

Ketua Umum Pjs. Teater Rongsokan UIN Ar-Raniry, Umar menjelaskan, Peterakna episode Mangkat Dijulang menceritakan tentang seorang laksamana kerajaan yang tunduk serta patuh pada raja kerajaan tersebut.

Pada suatu hari, lanjut Umar, laksamana mendapat titah untuk menumpas para perampok.  Namun, pada saat laksamana pulang dari tugasnya, ia menemukan istrinya meninggal dalam kondisi perutnya terbelah. Sebab istri laksamana meninggal hanya karena ia memakan buah nangka kerajaan pada saat mengidam.

Kemudian, seseorang dalam istana menghasut raja agar menghukum istri laksamana tersebut dengan membelah perutnya yang hamil hingga ia mati. Mendapati istrinya telah meninggal, laksamana yang telah dibakar amarah kemudian menemui raja dan membunuhnya.

“Dalam cerita ini, pesannya setelah masyarakat menonton, dapat menjadikan pelajaran dalam kehidupan sosial sehari-hari supaya tidak adanya dengki dan dendam,” kata Umar, Jumat (23/10/2015).

Sementara itu, bagi Anda yang ingin menonton pertunjukan ini, dapat menghubungi jaringan Teater Rongsokan melalui 0852-7759-1553 (Rebi) atau 0852-4562-3215 (Ben). []

Rismayanti | foto: istimewa

Mungkin Anda Menyukai