KSR PMI UIN Kumpulkan 344 Kantong Darah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Unit Kegiatan Khusus Korps Suka Rela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unit Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry berhasil mengumpulkan sebanyak 344 kantong darah dalam donor darah milad ke 52 kampus tersebut.

Donor darah yang diselenggarakan sejak 12-25 Oktober 2015 tersebut mengambil tempat dibeberapa fakultas dilingkungan UIN Ar-Raniry. Rektor UIN Ar-Raniry Farid Wajdi Ibrahim juga mendonorkan darahnya pagi tadi usai jalan santai.

Ketua Panitia Donor Darah KSR PMI Unit UIN Ar-Raniry Safrijal mengatakan, antusias mahasiswa dan dosen UIN Ar-Raniry cukup besar dalam berpartisipasi mendonorkan darah. Setiap hari, rata-rata pihaknya mengumpulkan 40-50 kantong darah.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh civitas akademika UIN Ar-Raniry yang telah mendonorkan darahnya. Semoga mereka menjadi pendonor rutin setiap tiga bulan sekali,” kata Safrijal pada Minggu, 25 Oktober 2015 di UIN Ar-Raniry.

Ia mengatakan, darah saat ini banyak dibutuhkan oleh rumah sakit untuk diberikan kepada masyarakat yang sedang membutuhkan transfusi darah. Lanjunya, rumah sakit membutuhkan 100 kantong darah setiap harinya.

Sementara itu, Ketua Panitia Donor Darah KSR PMI Unit UIN Ar-Raniry Munawar mengatakan, masih ada mahasiswa yang takut saat mendonorkan darahnya. “Alasannya, karena mahasiswa takut jarum dan darah. Tapi kita sudah sosialisasi tentang donor darah dan manfaat dari donor darah,” kata Munawar.

Komandan KSR PMI Unit UIN Ar-Raniry Nazaruddin mengatakan, donor darah mempunyai banyak manfaat, diantaranya menyehatkan jantung, mencegah stroke, membantu orang lain, dan membantu sirkulasi darah.

Ia berharap, antusias mahasiswa UIN Ar-Raniry dalam mendonor darah tetap bertahan setiap kali pihaknya menyelenggarakan kegiatan donor darah. Sejauh ini, ujarnya, masih terdapat mahasiswa yang takut mendonorkan darahnya. Untuk itu, KSR PMI Unit UIN Ar-Raniry akan selalu memberikan sosialisasi terkait pentingnya donor darah. []

Abd Hadi F | foto: Mulyassir

Mungkin Anda Menyukai