Aceh 2025, Khayalan Kondisi Aceh Masa Depan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Tahyeb Loh Angen, penulis buku Aceh 2025 1446 H ingin menceritakan kebudayaan dan karakter masyarakat Aceh. Ia mengatakan, rakyat Aceh saat ini sudah melupakan konflik dan sedang mencari jati diri.

“Dalam buku itu tidak ada tujuan politik, tapi ini lebih kepada kebudayaan, perubahan karakter orang Aceh secara umum. Ini sudah sepuluh tahun perdamaian Aceh, orang-orang mulai melupakannya. Aceh mulai mencari jati diri, sebenarnya ini (buku) hanya harapan orang-orang,” kata Thayeb saat acara bedah buku di Aula Ushuludin, UIN Ar-raniry, Selasa (27/10/2015).

Menurutnya, Aceh memiliki banyak orang-orang hebat. Akan tetapi, lanjutnya, pemerintahan diduduki oleh orang-orang yang belum bermaksud untuk membangun.

“Mereka (pemerintah) punya program, tapi bukan program yang dibutuhkan masyarakat. Banyak hal yang dibahas didalam buku ini,” tuturnya. Buku yang diperankan oleh Tuanku Ben Suren dan Cut Benti Surenia itu berisi khayalan kondisi Aceh dimasa depan serta impian yang akan dicapai.

Acara tersebut dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai fakultas di UIN Ar-Raniry dan dibedah oleh Kamaruzzaman Bustamam, dosen Fakultas Syariah dan Hukum kampus setempat. []

Ghasyia MZ