Kapolri: Ada Tiga Masalah Pokok Indonesia

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kapolri Jenderal Polisi Badroddin Haiti menjabarkan, ada tiga masalah pokok bangsa Indonesia, yaitu merosotnya kewibawaan negara, melemahnya sendi-sendi nasional, serta krisis kepribadian bangsa.

“Berkurangnya cadangan minyak nasional, perubahan dinamika lingkungan, juga menyebabkan krisis karakter bangsa,” ujar Badroddin Haiti dalam kuliah umum di Auditorium Ali Hasjmy, Banda Aceh, Kamis (29/10/2015).

Masalah tersebut, kata Kapolri, erat kaitannya dengan kemiskinan, kesenjangan sosial, ketergantungan pangan, dan hal lainnya. Ia juga menyatakan, masyarakat Indonesia sedang krisis kepribadian bangsa. Hal itu dapat dilihat dari peristiwa di Aceh Singkil beberapa waktu lalu.

Bentrokan antar warga dalam peristiwa di daerah tersebut menyebabkan terjadinya pembakaran rumah ibadah. Jika isu di Singkil meluas ke tingkat internasional, akan berkenaan dengan isu Hak Asasi Manusia dan toleransi kebebasan beragama.

“Kejadian tersebut meskipun terjadi di tingkat lokal, tapi kalau dalam penanganan tidak tepat, akan meluas dan mempengaruhi tingkat nasional, bahkan menjadi isu ditingkat internasional,” kata Badroddin.

Intoleransi umat beragama di Indonesia, saat ini berada dipertempuran antara dua arus yang berhadapan, yaitu arus global dan arus kebudayaan. Hal tersebut menjadi permasalahan utama bangsa yang mengancam keutuhan dan pembangunan karakter bangsa, kata kapolri.

Dalam kuliah umum tersebut turut hadir Rektor Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Gubernur Aceh, serta Wali Nanggroe Aceh. Hadir juga ribuan peserta yang mengikuti kuliah umum tersebut. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai