Kebakaran Hutan Pengaruhi Hubungan Internasional

Sumberpost.com | Banda Aceh – Kebakaran hutan yang terjadi dibeberapa wilayah Indonesia menimbulkan berbagai dampak, baik dari segi kesehatan hingga mempengaruhi hubungan Indonesia dengan negara yang berdekatan dengan Indonesia.

Efek yang ditimbulkan dari asap kebakaran hutan mengganggu penglihatan dan pernafasan. Kapolri Jenderal Polisi Badroddin Haiti mengatakan, pihak keamanan beruhasa untuk memadamkan hotspot atau titik api yang tersebar di wilayah Indonesia.

Kepolisan, lanjut Badroddin, saat ini terus bekerja keras dalam pemadaman kebakaran hutan, baik melalui udara maupun darat. Saat ini, lanjutnya, orang yang membakar hutan, baik sengaja ataupun tidak, akan diberlakukan ketegasan hukum atas tindak pidana yang dilakukan.

“Efek asap yang ditimbulkan dari kebakaran hutan mengganggu kesehatan masyarakat, baik Indonesia sendiri, maupun negara tetangga yang berdekatan dengan Indonesia. Pembakaran hutan sangat berpotensi menimbulkan dampak terhadap hubungan antar negara kawasan sekitar Indonesia,” kata Badroddin di Auditorium Ali Hasjmy, Banda Aceh, Kamis (29/10/2015).

Jelas Kapolri, isu seperti kebakaran hutan yang terjadi pada tingkat lokal, jika tidak diatasi dengan tepat akan meluas dan menjadi isu nasional serta internasional. Isu lingkungan, jika tidak diatasi dengan baik, akan merambat kepada aspek lain, kata Baroddin.

“Selain itu, kebakaran juga berpengaruh terhadap aspek politik, termasuk pendidikan dan keamanan ditingkat lokal maupun nasional. Oleh karena itu, perlu mengantisipasi isu terkait lingkungan untuk mencapai kehidupan yang sehat,” terangnya.

Kapolri Jenderal Polisi Badroddin Haiti berbicara di Audiotrium Ali Hasjmy Universitas Islam Negeri Ar-Raniry dalam rangka Milad kampus tersebut yang ke 52. Dalam kegiatan itu, hadir pula Rektor UIN Ar-Raniry, Gubernur Aceh, dan Wali Nanggroe Aceh. []

Abd Hadi F