Pola Hidup Tidak Sehat Sebabkan Kanker

Sumberpost.com | Banda Aceh – Tumor ganas atau kanker menjadi penyakit yang menakutkan bagi manusia. Penyakit kanker mampu menggerogoti bagian dalam tubuh manusia dengan cepat. Menurut ilmu kedokteran, kanker merupakan pertumbuhan sel abnormal dalam tubuh manusia.

Dokter dari Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, dr. Heru Hoviat Herdata mengatakan, manusia sejak lahir sudah mempunyai potensi terkena kanker. Namun pola hidup dan makan manusia setelah kelahiran yang menentukan seseorang terkena kanker atau tidak.

“Untuk cegah kanker, minum mineral dan konsumsi kalori yang cukup. Untuk makanan kalau kita ragu, liat aja di kemasan produk ada label BPOM tidak. Kalau ada, ya udah terjamin makanan itu karena sudah tugas BPOM periksa makanan,” kata Heru pada acara seminar Awam, Deteksi Kanker Pada Anak di Aula Dinas Kesehatan Aceh, Banda Aceh, Sabtu (7/11/2015).

Ia menambahkan, cepat atau lambannya proses penyembuhan kanker kepada pasien, tergantung pada jenis kankernya. Untuk mengobati kanker dengan kamoterapi, obat yang diberikan sesuai dengan luas badan pasien, kata Heru.

Sementara itu, dokter onkologi dari Rumah Sakit Murni Teguh Medan, dr. Juli Jamnasi mengatakan, perlu kesadaran dari masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat serta waspada dengan penyakit kanker.

Ia menyebutkan, pasien kanker yang diperiksa ketika masih stadium dini, kemungkinan sembuh sampai 90 persen. Sedangkan pasien kanker yang diperiksa ketika sudah stadium lanjut, kemungkinan sembuhnya kurang dari 10 persen. Kanker apapun, sebutnya, jika telat diobati sulit bisa sembuh.

Dikatakan Heru, rokok menjadi faktor pertama pencetus rokok. 30 persen penyakit kanker, diakibatkan oleh rokok. Diantara cara mencegah terkena kanker ialah berhenti merokok, kurangi konsumsi alkohol, kurangi makanan berlemak tinggi, perbanyak makan berserat, sayur, dan buah. []

Abd Hadi F | foto: Zuhri Noviandi

Mungkin Anda Menyukai