Darwati Upayakan Rumah Singgah Anak Kanker

Sumberpost.com | Banda Aceh – Istri mantan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Darwati A. Gani yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, akan mengupayakan sebuah rumah singgah kepada Childern Cancer Care Comunity (C-Four) Aceh.

Hal tersebut disampaikan Darwati saat berbicara dalam Seminar Awam, Deteksi Kanker Pada Anak di Aula Dinas Kesehatan Aceh, Sabtu (7/11/2015). Seminar itu diselenggarakan oleh C-Four Aceh. Rumah singgah tersebut nantinya akan digunakan pasien kanker yang berasal dari luar Banda Aceh saat sedang berobat ke rumah sakit di Banda Aceh.

“Dari saya pribadi, saya ingin memberi rumah singgah. beberapa waktu lalu Ratna (Ketua C-Four) juga bilang ke saya kalau butuh rumah singgah. Sehingga pasien dari daerah yang jauh dengan Banda Aceh tidak perlu bolak-balik dari kampung halaman ke rumah sakit,” kata Darwati.

Ia mengatakan, C-Four Aceh mempunyai kontribusi dalam pendampingan terhadap anak kanker di Aceh. Terkait rumah singgah, Darwati akan berusaha membantu rumah singgah yang dipinta pihak C-Four. Kendati rumah singgah tersebut dalam kapasitas sederhana.

“Saya ingin membantu mereka, kalau saya bisa membantu kenapa tidak. Walaupun mungkin rumah singgahnya dalam kapasitas sederhana dulu, yang penting bisa mereka gunakan,” ujar Darwati.

Ketua C-Four, Ratna Eliza mengatakan, sedang mengupayakan sebuah rumah singgah sebagai tempat tinggal pasien kanker selama dalam masa pengobatan. Dalam seminar tersebut, hadir pula organisasi serupa C-Four yang juga membantu anak kanker, yaitu Smiling Kids yang bertempat di Medan. Ketua Smiling Kids, Jenny mengatakan, organisasi tersebut baru berumur satu tahun.

“Smiling Kids dilatarbelakangi dengan kegiatan saya yang sudah dampingi anak kanker selama 10 tahun. Sekarang kami mempunyai rumah singgah di Medan. Di rumah singgah kami juga banyak anak kanker dari Aceh,” kata Jenny. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai