Ribuan Penonton Sesaki Gayo Art Summit IV

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pergelaran Gayo Art Summit IV di Gedung AAC Dayan Dawood pada Rabu (11/11/2015) malam disesaki ribuan penonton. Lepas magrib, penonton mulai berdatangan mengisi tempat duduk di aula gedung tersebut.

Kursi dengan cepat terisi. Lepas insya, penonton mulai terlihat berdiri dan duduk di tangga aula gedung tersebut. Tidak sedikit juga yang gagal masuk ke aula AAC karena kapasitas sudah penuh.

Kendati demikian, panitia kegiatan menyediakan proyektor di lobi Gedung AAC. Ratusan pengunjung Gayo Art Summit yang tidak bisa masuk ke aula, menonton melalui proyektor tersebut. Mereka duduk bersila dilobi AAC.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten I Pemerintah Aceh, Iskandar A. Gani. Ia mengatakan, Gayo Art Summit menjadi kegiatan manifestasi yang mendorong masyarakat mencintai budaya Aceh. Selain itu, pergelaran seni dapat melestarikan budaya Aceh.

“Melalui seni, perasaan dirangsang untuk meramu kehidupan yang lebih baik. Ketika ada pertikaian, seni bisa menyatukan orang yang berselisih. Seni juga bermanfaat untuk menggerakkan hubungan bangsa,” kata Iskandar Rabu malam.

Ia mengatakan, Aceh selalu dikaitkan dengan seni. Misalnya dalam penyebaran agama, dikaitkan dengan tari saman. Ia juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan tali persaudaraan melalui kesenian.

Dalam kegiatan itu, hadir seniman senior asal Gayo, LK Ara, anggota Dewan Perwakilan Raktar Aceh, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, Bupati Aceh Tengah, Bupati Bener meriah, Bupati Gayo Lues, dan Bupati Aceh Tenggaga.

Beberapa seni tari yang dipentaskan ialah saman, didong, guel, dan bines. Hadir pula penyanyi Ervan Ceh Kul dan Fikar W Eda dalam kegiatan itu. []

Abd Hadi F |  foto: Aprijal Rachmad

Mungkin Anda Menyukai