Wartawan Sumberpost Ikut PJTLN di Sumatera Utara

Sumberpost.com | Banda Aceh –  Dua anggota Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Sumberpost Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut Nasional (PJTLN) Salam Ulos.  Yang diselenggarakan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Suara USU Universitas Sumatera Utara.

PJTLN Salam Ulos tersebut dilaksanakan selama satu Minggu di Berastagi, Sumatera Utara,  mulai Senin 16 hingga 21 November mendatang. Pelatihan yang mengangkat tema Video Jurnalistik dan Peduli Bencana ini diikuti oleh 20 peserta dari berbagai Lembaga Pers Mahasiswa di Indonesia.

Abdul Hadi Firsawan dan Ali Akbar, delegasi dari UKPM Sumberpost berangkat dari Banda Aceh kemarin, Sabtu (14/11/2015) dan tiba hari ini, Minggu (15/11/2015) pagi menggunakan bus.

PJTLN Salam Ulos kali ini bertujuan untuk mengulas dan memberi pemahaman mengenai peliputan bencana alam. Selain itu, peserta kegiatan diharapkan mampu memahami bahasa jurnalisme televisi dan teknis pengambilan video yang baik dan benar.

Peserta juga akan melakukan praktek langsung dilokasi bencana alam, di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sehingga jurnalis mempunyai bekal dan pemahaman akan peliputan di daerah bencana.

Reporter video Sumberpost TV, Ali Akbar mengatakan, mengikuti kegiatan tersebut untuk meningkatkan ilmu jurnalistik yang dimilikinya. Ali merupakan salah satu alumni kelas TV di Muharram Journalism Collage angkatan XI.

“Saya ikut ini untuk tambah ilmu tentang jurnalisme TV dan liputan bencana. Seklaigus untuk jalin silaturrahmi juga dengan Lembaga Pers Mahasiswa lain di Indonesia,” kata Ali Akbar di Medan (15/11/2015).

Dikatakan Ali, ilmu yang diperolehnya dalam kegiatan ini akan diajarkan kembali kepada Anggota Sumberpot lainnya. Selain itu, ia berharap bisa meliput bencana di Aceh dengan benar sehingga tidak menimbulkan trauma nantinya. []

Mungkin Anda Menyukai