Minat Baca Masyarakat Aceh Rendah

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat, Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh menyelenggarakan Hari Kunjung Perpustakaan Dan Budaya Baca Tahun 2015, pada Senin (23/11/2015) di halaman depan gedung tersebut.

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh, Mustafa mengatakan, berdasarkan hasil evaluasi yang pihaknya lakukan, ada beberapa faktor rendahnya minat baca masyarakat, diantaranya kurangnya kesadaran masyarakat.

“Masyarakat belum sadar bahwa membaca ialah sumber ilmu pengetahuan, mereka asik sibuk dengan internet dan duduk di warung kopi,” ujarnya.

Solusi untuk meningkatkan minat baca, kata Mustafa, ialah peran orang tua. Menurutnya, orang tua harus proaktif terhadap anak dalam meningkatkan minat baca. Pustaka mobil keliling dan sekolah yang juga menjadi tempat asik untuk membaca.

Sementara itu, kepala Dinas Pendidikan Aceh, Hasanuddin mengatakan, UIN Ar-Raniry sebagai salah satu universitas di Aceh berperan penting dalam menghasilkan pustakawan-pustakawan kedepannya.

Dalam acara ini, turut pula diumumkan penghargaan peminjam terbanyak, juara perpustakaan sekolah terbaik, pustakawan berprestasi se-Aceh dan berbagai penghargaan lainnya.

Turut hadir perwakilan dari komisi V DPRA Aceh,  penulis Aceh Iwan Gayo, perwakilan dari perpustakaan se-Aceh, serta raja dan ratu baca tahun 2014 dan 2015. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh penampilan didong dan balas pantun Aceh. []

Elsa Isnanda

Mungkin Anda Menyukai