Ekspedisi Indonesia Biru Berbagi Pengalaman di MJC

Sumberpost.com | Banda Aceh – Dua jurnalis backpacker yang sedang melakukan Ekpedisi Indonesia Biru, Dandhy Dwi Laksono dan Sparta Arz alias Ucok menceritakan pengalamannya kepada mahasiswa dan alumni Muharram Jurnalism Collage (MJC) Banda Aceh, pada Sabtu (5/12/2015) di ruang sekolah tersebut.

Dandhy menuturkan, untuk melakukan ekpedisi dibutuh niat dan i’tikad kuat yang dikombinasi dengan ilmu. Perjalanan Ekspedisi Indonesia Biru, kata Dandhy, tidak disponsori oleh instansi manapun. Biaya yang dikeluarkan dari kasnya sendiri yang ia tabung selama lima tahun.

“Ini (ekspedisi), keinginan yang saya cita-citakan lima tahun lalu dan sekarang udah tercapai,” kata Dandhy dihadapan puluhan mahasiswa peserta diskusi yang hadir.

Ia menambahkan, ekspedisi yang mengambil rute dari timur ke barat itu, bertujuan untuk mendokumentasi isu-isu terhangat serta mengkritik kesenjangan ekonomi dan budaya yang ada di Indonesia.

Dengan mengendarai sepeda motor, keduanya sejak awal tahun 2015 lalu telah mengelilingi hampir seluruh wilayah Indonesia hingga ke pelosok-pelosok.

Sembari berbagi pengalaman, juga diputarkan beberapa video perjalanan Ekspedisi Indonesia Biru dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Kalimantan, Maluku, dan Banten. Mereka berencana sudah kembali ke Jakarta pada akhir tahun 2015.

“Untuk sementara kita singgah di Banda Aceh dulu, rencana mau ke Takengon, akhir Desember nanti kita berharap sudah kembali ke Jakarta,” tuturnya. []

Ghasyia MZ

Mungkin Anda Menyukai