Pesan Anies Baswedan Untuk Aceh

Sumberpost.com | Banda Aceh – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Anies Baswedan menyampaikan pesannya untuk Aceh pada Kongres Peradaban Aceh 2015 di AAC Dayan Dawood, Rabu (9/12/2015).

Ia menuliskan pesannya di spanduk putih memakai spidol warna biru. “Izinkan bahasa-bahasa daerah di Aceh makin berkembang dan mengaliri kekayaan bahasa Indonesia. Biarkan anak cucu kita bangga karena kegemilangan peradaban ini terus makin memancarkan lewat bahasanya”, tulis Anies di spanduk tersebut.

Selain itu, ia menginginkan pendidikan Aceh terus maju karena alokasi anggaran yang diberikan untuk Aceh terbilang besar. Ia berharap Aceh terus memperbaiki kualitas guru, serta melatih guru membangun iklim belajar menyenangkan.

“Pesan saya hanya satu, alokasi anggaran sudah besar, maka pendidikan itu harus dibebaskan dari kepentingan politik, kepala sekolah dan guru jangan takut di mutasi,” kata Anies Baswedan kepada wartawan usai berbicara dalam kongres.

Saat ini, kata Anies, ada 13 bahasa daerah di provinsi aceh. 112 kosa kata bahasa Aceh, 45 kosa kata bahasa Gayo, dan 30 kosa kata bahasa suku Alas sudah menasional. Kekuatan bahasa, lanjutnya, bisa diraih dengan sering menggunakan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

“Dan juga (bahasa) harus dipromosi, misalnya kata tsunami, kita pakai saja kata smong sebagai kota kata untuk itu. Saya berharap bahasa daerah di Aceh selain dilestarikan juga dikembangkan agar bisa menambah kosa kata bahasa Indonesia,” tutur Anies. []

Zuhri Noviandi | foto: AHF

Mungkin Anda Menyukai