Indonesia Debate and Essay Competition DIikuti 17 Universitas

Sumberpost.com | Banda Aceh – Indonesia Debate and Essay Competition yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM-FISIP) Universitas Syiah Kuala dibuka langsung oleh Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsyiah Alfiansyah di gedung AAC Dayan Dawood, Senin (14/12/2015).

Ketua BEM Fisip, Putra Riski Youlan Radhianto menyampaikan, acara tersebut dihadiri oleh 17 delegasi dari berbagai kampus di Indonesia.

Putra menambahkan, para delegasi nanti akan memperebutkan piala Rektor Unsyiah dan akan menjadikan fakultas tersebut sebagai ranah politik revolusi perubahan untuk menjawab persoalan di Indonesia, khususnya di Aceh. Ajang nasional ini berlangsung hingga 16 Desember 2015.

Dekan Fisip Unsyiah Syarifuddin Hasyim menyebutkan, prestasi yang telah diraih oleh FISIP Unsyiah saat ini tidak hanya ditingkat nasional, namun sudah dikancah internasional.

Sementara itu, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsyiah Alfiansyah mengatakan, kegiatan tersebut sebagai ajang informasi dan produksi yang memberikan pencitraan baik kepada masyarakat Aceh.

“Tidak mudah menyelenggarakan acara nasional. Melalui acara ini kita jadikan sebuah pelatihan diri untuk meningkatkan kreatifitas,” ujarnya.

Kegiatan ini mengusung tema Indonesia Dalam Wacana. Untuk lomba debat, dibagi menjadi 16 tim, sedangkan lomba essay diikuti delapan tim. Untuk lomba tersebut akan berlangsung di gedung Pasca Sarjana Unsyiah.

Indonesia Debate and Essay Competation diadakan untuk membentuk perubahan yang nantinya akan memberi solusi terhadap permasalahan sosial dan politik di Aceh. []

Rizaldi Ikhsan

Mungkin Anda Menyukai