Ini Sebab Aceh Sering Banjir

Sumberpost.com | Banda Aceh – Pakar geografi Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan Unsyiah, Alamsyah Taher mengatakan, ada tiga faktor utama yang menyebabkan banjir melanda kawasan Aceh.

Salah satu faktor ialah tingginya itensitas curah hujan di Aceh serta sempitnya wilayah sungai dan dipercepat oleh perbuatan manusia yang menebang hutan hingga tandus. Faktor itulah yang menyebabkan banjir sering terjadi dibeberapa wilayah Aceh.

Ia melanjutkan, pengaruh kapasitas aliran banjir pada sungai dapat juga disebabkan oleh pengendapan yang berasal dari erosi Daerah Aliran Sungai (DAS) dan erosi tanggul yang berlebihan. Buruknya sistem kerja drainase juga mempercepat aliran banjir.

Banjir menjadi perkerjaan penting bagi pemerintah. Buruknya kontrol pemerintah terhadap oknum pembalakan hutan liar menjadi faktor penting disetiap permasalahan banjir, lanjutnya.

“Coba kita perhatikan sekarang, dulu sungai tidak terlalu dalam tapi banjirnya tidak separah sekarang, paling tinggi itu selututlah kalau banjir. Tapi sekarang sungai sudah dalam tapi banjirnya itu pun cukup parah, bisa mencapai 1 hingga 1,5 meter,” ujarnya pada Rabu (16/12/2015). []

Aprizal