Diskusi Genosida Tanoh Gayo yang Menewaskan 7000 Orang

Sumberpost.com | Banda Aceh – Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah Kebudayaan Islam (HMJ-SKI) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry menggelar diskusi Sejarah Mengungkap Genosida Belanda di Tanoh Gayo 1904 yang mengambil tema Ekspedisi Pembunuhan Massal Awal Abad XX oleh Belanda.

Diskusi tersebut menghadirkan Iwan Gayo pembicara. Diskusi dilakukan di Museum Safwan Idris, UIN Ar-Raniry, Jumat (18/12/2015). Hadir mahasiswa serta dosen dalam diskusi itu.

Iwan Gayo menceritakan tentang pembantaian yang dilakukan oleh Van Daelen di tanah Gayo yang menewaskan 7000 orang. Menurutnya, diskusi mengenai pembantaian tersebut sangat jarang dibicarakan dan sejarah yang tercatat banyak mengangkat tentang sejarah Aceh, mengenai sejarah Gayo, tidak begitu spesifik.

Oleh karena itu, Iwan berharap diskusi serupa dapat digelar dalam acara yang lebih besar, sehingga orang tak lagi menutup mata akan keberadaan Gayo sebagai etnis yang sering dinomorduakan.

Panitia kegiatan, Muhammad Qafrawi menjelaskan, diskusi mengenai pembantaian di Gayo oleh Belanda baru pertama kali diselenggarakan di UIN Ar-Raniry. Ia berharap agar kedepan ada kajian lebih lanjut mengenai ekpspedisi Van Daelen sebagai bagian dari publikasi sejarah.

”Tujuan awalnya sebagai diskusi biasa, tetapi ketika mendapat tema tentang Gayo, itu menjadi menarik Karena jarang ada yang mau mengusung tema tentang Gayo,” ujar Qafrawi saat dihubungi telepon.

Publikasi sejarah, kata Qafrawi penting agar daerah-daerah lain secara nasional mengetahui fakta sejarah yang sebenarnya. []

Rismayanti