Ini, Faktor Penting Pembangunan Berkelanjutan

Sumberpost.com | Banda Aceh – Faktor penting untuk pembangunan berkelanjutan menurut Rektor Unsyiah ialah pendidikan. Dikatakan Rektor, jika pendidikan bagus, pembangunan yang dilakukan akan bertahan dan manfaatnya bisa dirasakan hingga puluhan tahun.

“Di negara maju, infrastruktur yang di bangun puluhan tahun masih bertahan. Itu yang ingin kita capai sekarang. Jadi 40 tahun lagi, anak cucu kita masih bisa melihat pembangunan yang kita bangun sekarang,” kata Rektor Unsyiah Syamsul Rizal, Sabtu (26/12/2015) di AAC Dayan Dawood saat berbicara dalam Seminar Pembangunan Berkelanjutan.

Pendidikan merupakan faktor penting, karena masyarakat terdidik menjadi modal dasar pembangunan berkelanjutan. Ia berujar, pembangunan sering dibuat tanpa merujuk pada lingkungan, sehingga merusak lingkungan sekitar.

“Dengan pendidikan, kita akan membangun peradaban yang lebih baik. Kita harus mengubah mindset. Kita membutuhkan masyarakat yang terdidik, pikiran terbuka dan berpola pikir luas,” ujarnya dihadapan ribuan peserta seminar.

Tanpa pendidikan masyarakat hanya akan menjadi populasi, dan bukan sumber daya meskipun jumlahnya banyak, tuturnya.

Acara ini dibuka langsung oleh Walikota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal. Selain Rektor Unsyiah dan Walikota Banda Aceh, yang juga menjadi pembicara ialah Walikota Bogor dan Walikota Bandung. []

Abd Hadi F

Mungkin Anda Menyukai