IKAMAS Diskusi Bersama Mahasiswa Pattani Mengenai Sosial Budaya

Sumberpost.com | Banda Aceh – Ikatan Alumni MAN 1 Sigli (IKAMAS) menggelar silaturrahmi dengan Mahasiwa Pattani, Thailand yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Islam Pattani Thailand di Indonesia Aceh di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Minggu (3/1/2016).

Sekretaris Umum IKAMAS, Muhammad Syawal menyebutkan, kegiatan tersebut dilakukan untuk membangun hubungan secara emosional dengan mahasiswa asal Pattani. Selain itu, kedua komunitas mahasiswa daerah ini juga berdiskusi mengenai keadaan sosial budaya antara Pattani dan Aceh, yang memiliki latar etnis sama, yaitu Melayu.

“Silaturrahmi ini lebih ke diskusi. Membagi pengalaman kami tentang keadaan sosial maupun budaya di Pattani dan Aceh yang mempunyai background berbeda, namun memiliki etnis yang sama, yaitu Melayu. Dan sesuai dengan visi IKAMAS, kami ingin memajukan almameter MAN 1 Sigli,” kata Syawal.

Melalui diskusi tersebut, IKAMAS mengetahui banyak informasi mengenai keadaan muslim di Pattani saat ini. Dikatakan Syawal, masyarakat Pattani sedang memperjuangkan haknya untuk terbebas dari penindasan yang dilakukan Kerajaan Thailand.

“Kami rasa ini menarik, karena mempunyai kesamaan dengan Aceh yang pernah mengalami konflik dengan Indonesia. Aceh mengalami penindasan karena faktor ekonomi, sedangkan Pattani alami karena faktor agama,” ujar Muhammad Syawal.

IKAMAS berdiri pada 5 Januari 1992, bertujuan membimbing alumni-alumni dari MAN 1 Sigli yang berada di Banda Aceh untuk menjadi lebih maju. []

Khayatul Wardani

Mungkin Anda Menyukai